Coba Tidur 30 Menit Lebih Cepat atau Sebaliknya, Ini Pengaruhnya bagi Tubuh

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Coba Tidur 30 Menit Lebih Cepat atau Sebaliknya, Ini Pengaruhnya bagi Tubuh
Tidur nyenyak/Shutterstock

Manfaat tidur malam 30 menit lebih cepat dan lebih lambat akan memengaruhi kesehatan tubuh seseorang.

Suara.com - Perubahan gaya hidup sekecil apapun bisa memengaruhi kesehatan Anda cukup besar. Bukan hanya rutin olahraga atau mengatur pola makan, waktu tidur juga sangat memengaruhi kesehatan.

Banyak orang belum mengetahui kalau tidur setengah jam lebih awal atau lebih lambat bisa membuat perbedaan besar pada pola tidur dan istirahat Anda.

Perubahan kecil yang konsisten setiap malam hari bisa bertambah signifikan. Para ahli, dilansir oleh Bustle, mengungkap pola tidur yang baik akan membantu tubuh menyesuaikan dirinya.

Sebaliknya, pola tidur yang berantakan akan mengacaukan jam istirahat Anda. Bahkan tidur setengah jam lebih cepat bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

"Tidur malam setengah jam lebih awal bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan," kata Dr. Michael Breus, seorang pakar tidur.

Dalam hal ini, para ahli tidak merekomendasikan perubahan universal ke arah waktu tidur sebelumnya. Sebaliknya, mereka menyarankan seseorang lebih baik tidur setengah jam lebih awal atau lebih lambat untuk mengidentifikasi pola tidur alami tubuh.

Tips tidak telat datang ke kantor
Tips mengatur waktu tidur (shutterstock)

Jika Anda merasa lelah, Anda mungkin tidak memiliki waktu ideal untuk tidur. Karena itu, Anda perlu mengubah waktu tidur Anda.

"Sebagian besar orang tidur bukan secara ideal tubuh kita yang menginginkan, melainkan program TV yang kita tonton sudah selesai atau pasangan ingin kita pergi tidur," ujar Dr Neil Stanley, penulis How to Sleep Well.

Jika Anda pergi tidur ketika tubuh benar-benar merasa ngantuk, cara ini mungkin akan membuat perubahan kecil dalam rutinitas malam hari Anda.

Apalagi jika Anda tidur 30 menit lebih cepat atau lebih lambat dari waktu mengantuk. Cara tidur ini bisa menambah manfaat kesehatan yang signifikan.

Coba Tidur 30 Menit Lebih Cepat atau Sebaliknya, Ini Pengaruhnya bagi Tubuh - 2
Ilustrasi tidur. (Shutterstock)

Penelitian oleh para ilmuwan tidur menunjukkan bahwa orang memiliki chronotypes yang berbeda. Chronotype adalah preferensi bawaan tubuh Anda untuk jenis siklus tidur-bangun tertentu.

Beberapa orang mungkin lebih suka tidur dan bangun lebih awal. Sementara itu, orang lainnya mungkin lebih suka tidur lebih malam dan bangun sedikit siang.

Menurut teori ini, mengatur waktu tidur dekat dengan chronotype adalah kunci untuk tidur nyenyak. Jika Anda mengubah waktu tidur 30 menit agar lebih dekat dengan chronotype, maka kemungkinan besar Anda akan tertidur lebih cepat dan lebih mudah untuk bangun pagi.

"Misalnya, jika Anda membutuhkan tujuh jam tidur malam dan Anda hanya mendapatkan sekitar enam jam, memindahkan waktu tidur Anda lebih awal dan menjaga waktu tidur Anda konsisten tentu akan memiliki efek besar," kata Dr Breus.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS