Meski Jarang, 7 Gejala Infeksi Corona Ini Perlu Diwaspadai

Rauhanda Riyantama | Fita Nofiana
Meski Jarang, 7 Gejala Infeksi Corona Ini Perlu Diwaspadai
Ilustrasi kelelahan [shutterstock]

Selain demam, batuk, dan sesak napas, Suara.com merangkum gejala-gejala Covid-19 yang tidak populer namun tetap harus diwaspadai.

Suara.com - Sebagai virus baru, berbagai penelitian mengenai Covid-19 masih terus dikembangkan. Umumnya, gejala orang dengan virus corona akan mengalami batuk, demam, hingga sesak napas.

Seiring waktu, muncul berbagai gejala baru pada sebagian orang yang terinfeksi corona. Suara.com merangkum gejala-gejala Covid-19 yang tidak populer namun tetap harus diwaspadai.

1. Masalah Pencernaan

Mengalihbahasanan dari Business Insider, masalah pencernaan menjadi salah satu gejala yang belakangan ini umum terjadi pada pasien Covid-19. Sekitar satu dari 10 pasien mengalami beberapa gejala gastrointestinal, termasuk diare dan mual.

Sebuah studi di The Lancet melaporkan bahwa hanya 3% pasien China yang mengalami diare. Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sekitar 5% pasien mengalami mual.

Penelitian baru menunjukkan bahwa jumlahnya mungkin lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya dan hingga setengah dari pasien mungkin memiliki masalah pencernaan bersama dengan gejala pernapasan.

2. Malaise dan Kelelahan

Sebuah kasus di panti jompo Wahington melaporkan, sepertiga penghuninya terinfeksi Covid-19. Setengahnya tidak memiliki gejala namun beberapa pasein memiliki gejala tak biasa, seperti malaise, rasa tidak nyaman, hingga gelisah.

Dalam beberapa kasus, Covid-19 memang muncul dengan gejala malaise hingga rasa kelelahan. Ini adalah salah satu gejala atipikal yang paling sering dilaporkan yang biasanya muncul dengan batuk atau demam.

Ilustrasi kelelahan. [Shutterstock]
Ilustrasi kelelahan. [Shutterstock]

3. Kedinginan dan Nyeri Otot

Nyeri otot dan kedinginan bisa menjadi gejala dari banyak penyakit, termasuk flu biasa. Tapi gejala tersebut juga ditemukan pada orang yang terinfeksi virus corona.

Menurut WHO, sekitar 11% orang yang diteliti mengaku kedinginan dan 14% merasakan nyeri otot. Gejala tersebut dianggap sebagai indikasi infeksi yang ringan.

Jika Anda mengalaminya, lakukan tindakan pencegahan tambahan untuk mengisolasi diri dari orang lain. Selain itu, pastikan untuk banyak istirahat dan cukupi cairan tubuh.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS