Kenali Diet Keto dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Kenali Diet Keto dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Diet keto atau diet ketogenik. (Shutterstock)

Selain mengelola berat badan, diet keto memberi manfaat kesehatan lain, lho.

Suara.com - Di antara banyaknya diet yang muncul, salah satu yang paling terkenal adalah diet keto. Diet ini mengharuskan pelakunya mengonsumsi hidangan yang memiliki kadar karbohidrat yang rendah, sebisa mungkin kurang dari 50 gram dalam sehari.

Jika biasanya, tanpa diet keto, seseorang akan mengonsumsi karbohidrat sekitar 50 persen dari makanan mereka, dengan diet keto kita hanya mengonsumsi 5-10 persen karbohidrat saja. Selain itu, konsumsi nutrisi juga akan digantikan oleh asupan lemak dan protein.

Kata "keto" sendiri juga berasal dari kata "keton", yang merupakan sebuah senyawa kimia yang didapatkan ketika hati (liver, bukan heart) berhasil memecahkan senyawa-senyawa yang berasal dari lemak yang kamu konsumsi.

Memang, biasanya energi yang kita gunakan sehari-harinya berasal dari karbohidrat, yaitu glukosa yang telah dipecah menjadi senyawa yang bisa diserap oleh tubuhmu. Dengan diet keto, karena kita tidak mengonsumsi karbohidrat, akhirnya tubuh menyerap energi yang berasal dari lemak yang kita konsumsi.

Dikutip dari siaran pers yang suara.com terima dari Ann’s Bakehouse and Creamery, diet keto bertujuan untuk meregulasi pola makan. Selain itu, ada beberapa manfaat diet keto yang bisa kita dapatkan.

1. Mengendalikan Epilepsi
Pada awalnya, diet keto ini dikembangkan dan kemudian dianjurkan untuk anak-anak yang terkena epliepsi. Karena energi diambil dari lemak dan bukan karbohidrat, hal ini bisa menormalkan aktivitas listrik yang terjadi di otaksemua orang yang terkena gangguan epilepsi.

2. Menurunkan Berat Badan
Karena adanya defisit dari glukosa yang dihasilkan dari karbohidrat, tubuh akan menggunakan cadangan lemak untuk dibuat menjadi energi. Karena cadangan lemak yang tersedia di tubuh seseorang akan berkurang karena dibakar, maka otomatis berat badan mereka akan berkurang.

3. Mengontrol Kadar Gula
Di dalam tubuh, karbohidrat itu dipecah sehingga menjadi glukosa. Tapi dengan diet keto, kamu tidak akan menambah cadangan gula yang tersedia di dalam tubuhmu. Oleh karena itu, kadar gula, atau glukosa, di dalam tubuhmu akan lebih terkendali.

Pada dasarnya, diet keto adalah pola makan yang bisa kamu gunakan untuk menurunkan berat badan, beserta manfaat-manfaat lainnya yang bisa membuatmu lebih sehat! Tapi juga jangan lupa untuk cek dengan dokter gizi agar kamu bisa menjalankan diet keto dengan lebih aman.

Carrot Cake. (Ann’s Bakehouse and Creamery)
Carrot Cake. (Ann’s Bakehouse and Creamery)

Ann’s Bakehouse and Creamery memiliki kue diet keto khusus yang bisa kamu nikmati. Dengan Super Carrot, kamu akan mendapatkan kue sehat “Sugar Free, Gluten Free & Guilt Free” dengan rasa yang lezat. Perpaduan antara rasa Carrot Cake yang khas akan wangi rempah-rempahan pilihan, adonan kue yang sangat lembut, frosting cream cheese yang lezat, parutan wortel, dan juga potongan kacang almond yang membuat kue ini bertekstur garing.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS