PMI Curhat Susahnya Kumpulkan Stok Darah Saat Pandemi Covid-19

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
PMI Curhat Susahnya Kumpulkan Stok Darah Saat Pandemi Covid-19
Petugas PMI Kota Tangerang menyaring darah di laboratorium darah di kantor PMI, Kota Tangerang, Banten, Minggu (29/3). [ANTARA FOTO/Fauzan]

Perayaan Hari Palang Merah Indonesia (PMI) tema tahun ini adalah Solidaritas untuk Kemanusiaan.

Suara.com - Perayaan Hari Palang Merah Indonesia (PMI) tema tahun ini adalah Solidaritas untuk Kemanusiaan.

Namun adanya pandemi Covid-19 membuat PMI kesulitan bekerja, mengingat donor darah biasanya dilakukan dengan mengumpulkan banyak orang.

"Banget kesulitannya, karena larangannya itu kan nggak boleh ada kerumunan, sedangkan donor darah identik dengan berkumpulnya massa, kami benar-benar harus melakukan sesuatu yang berbeda di pandemi ini mengurai kerumunan dan massanya" ujar Kepala UTD PMI DKI Jakarta, Dr.dr.Ni Ken Ritchie, M.Biomed saat dihubungi suara.com, Kamis (17/9/2020).

Alhasil jika biasanya mobile unit PMI mendatang instansi, lembaga, sekolah hingga universitas.

Tapi setelah pandemi acara berkumpul banyak ditiadakan, instansi tidak lagi banyak karyawan dan mahasiswa yang datang pastinya menyulitkan PMI, yang kini pilih lakukan upaya jemput bola.

"Biasanya di masa pandemi ini kami ke kekelurahan yang rutin, mungkin ada komunitas atau instansi yang mengadakan kegiatan. Jadi buat masyarakat yang takut agak jauh bepergian, bisa di lihat di jadwal terdekat (donor darah) di rumahnya," ungkap Dr. Ni Ken.

Jadwal keliling unit mobil PMI DKI Jakarta bisa dilihat di website www.utdpmidkijakarta.or.id yang mendatangi terdekat ke tempat tinggal Anda.

Tapi masyarakat juga bisa datang langsung ke PMI DKI Jakarta pusat di Kramat Jaya, dan 3 cabang lain di PMI Jakarta Selatan, Jakarta timur dan Jakarta Barat.

"Mendekatkan masyarakat dengan lokasi donor darah. Jadi bisa ke cabang tapi memang bukanya jam 8 pagi sampai jam 8 malam, tidak 24 jam. Tapi kalau di Kramat Raya kita 24 jam," jelasnya.

Sementara itu masyarakat juga tidak perlu khawatir untuk donor darah karena panitia sudah melakukan sistem agar tidak terjadi kerumunan saat mendonor darah, seperti mengatur jadwal kedatangan saat hendak donor darah di kantor dan cabang PMI, sehingga pendonor bisa datang dan langsung pulang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS