Sarapan Susu, Solusi Mudah Kontrol Gula Darah Seharian

Angga Roni Priambodo, Fita Nofiana

Sabtu, 26 September 2020 | 18:45 WIB
Sarapan Susu, Solusi Mudah Kontrol Gula Darah Seharian
Ilustrasi susu. (Pixabay)

Suara.com - Pada pasien diabetes, kondisi yang harus dipertahankan adalah mengendalikan gula darah. Oleh karena itu, asupan makanan cukup berpengaruh bagi mereka. 

Melansir dari Times of India, susu menjadi salah satu minuman yang berkontribusi untuk menjaga kadar gula darah. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Dairy Science pada 2018 mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu saat sarapan menurunkan glukosa darah sepanjang hari.

Para peneliti melakukan penelitian untuk menguji efek minum susu berprotein tinggi saat sarapan terhadap kadar glukosa darah dan rasa kenyang setelah sarapan hingga makan siang. 

Mereka mengamati bahwa susu yang dikonsumsi dengan sereal sarapan menurunkan konsentrasi glukosa darah postprandial dibandingkan dengan air. Di sisi lain, konsentrasi protein susu yang tinggi menurunkan konsentrasi glukosa darah postprandial dibandingkan dengan konsentrasi protein susu normal. 

Dalam studi ganda, tim peneliti dengan cermat meneliti efek peningkatan konsentrasi protein. Mereka juga mengamati peningkatan proporsi protein whey dalam susu saat dikonsumsi dengan semangkuk sereal sarapan tinggi karbohidrat terhadap glukosa darah, tingkat kenyang, dan pola makan sepanjang hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencernaan protein whey dan kasein yang secara alami ada dalam susu melepaskan hormon lambung yang menunda proses pencernaan. Ini secara otomatis akan meningkatkan rasa kenyang.

Studi tersebut mengungkapkan minum susu dengan makanan tinggi karbohidrat di pagi hari disebut bisa mengurangi glukosa darah bahkan setelah makan siang.

Penelitian ini menegaskan pentingnya susu pada waktu sarapan bagi pasien diabetes. Susu membantu memperlambat pencernaan karbohidrat  dan memudahkan pengaturan kadar gula darah sepanjang hari.

Segala jenis susu bermanfaat bagi pasien diabetes karena kaya akan nutrisi.  Susu murni, susu skim, dan alternatif susu lainnya seperti almond dan susu kedelai dianggap baik untuk penderita diabetes namun Anda perlu menghindari menambahkan gula ke susu.

baca juga

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Ketoasidosis Diabetik Turunkan Kemampuan Kognitif Anak Penderita Diabetes

Ketoasidosis Diabetik Turunkan Kemampuan Kognitif Anak Penderita Diabetes

Health | Sabtu, 26 September 2020 | 17:15 WIB

Dibanding Double Espresso, Kopi Susu Lebih Ramah untuk Lambung

Dibanding Double Espresso, Kopi Susu Lebih Ramah untuk Lambung

Health | Sabtu, 26 September 2020 | 14:33 WIB

Bikin Gagal Paham, Viral Video Tutorial Menanak Nasi Pakai Susu

Bikin Gagal Paham, Viral Video Tutorial Menanak Nasi Pakai Susu

Lifestyle | Sabtu, 26 September 2020 | 14:36 WIB

Terkini

7 Trik Bertahan dengan HP Memori 64 GB agar Tidak Gampang Penuh dan Lemot

7 Trik Bertahan dengan HP Memori 64 GB agar Tidak Gampang Penuh dan Lemot

Tekno | Rabu, 12 Agustus 2026 | 13:04 WIB

Cara Menentukan Shade Cushion Sesuai Undertone Kulit Indonesia

Cara Menentukan Shade Cushion Sesuai Undertone Kulit Indonesia

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 13:03 WIB

Menteri LH Sentil World Bank buntut Tarik Dana Iklim 70 Juta USD dari Jambi

Menteri LH Sentil World Bank buntut Tarik Dana Iklim 70 Juta USD dari Jambi

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 13:03 WIB

Promo HUT RI ke-81: Tiket Kereta Diskon 17 Persen, Naik KRL dan LRT Cuma Rp 8

Promo HUT RI ke-81: Tiket Kereta Diskon 17 Persen, Naik KRL dan LRT Cuma Rp 8

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 13:02 WIB

Cara Memaksimalkan Layar Galaxy Z Fold8, Jadi Lebih Optimal

Cara Memaksimalkan Layar Galaxy Z Fold8, Jadi Lebih Optimal

Sumut | Rabu, 12 Agustus 2026 | 13:01 WIB

Desa Wlahar Mendadak Sibuk, TPU Radius 300 Meter Dijaga Aparat saat Ekshumasi Sutrimo

Desa Wlahar Mendadak Sibuk, TPU Radius 300 Meter Dijaga Aparat saat Ekshumasi Sutrimo

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 13:00 WIB

Ulasan Film Tarung Sarung: Legenda Pertarungan Pusaka Para Ksatria Makassar

Ulasan Film Tarung Sarung: Legenda Pertarungan Pusaka Para Ksatria Makassar

Your Say | Rabu, 12 Agustus 2026 | 13:00 WIB

Febrie Adriansyah Bantah Sutrimo Berstatus Karumga, Tugasnya Lebih Sering Menjaga Rumah Kosong

Febrie Adriansyah Bantah Sutrimo Berstatus Karumga, Tugasnya Lebih Sering Menjaga Rumah Kosong

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 12:56 WIB

30 Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang Benar untuk HUT Ke-81 RI

30 Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang Benar untuk HUT Ke-81 RI

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 12:55 WIB

MBG Diharapkan Bisa Tingkatkan Harga Telur dan Ayam di Tingkat Peternak

MBG Diharapkan Bisa Tingkatkan Harga Telur dan Ayam di Tingkat Peternak

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 12:53 WIB

×