alexametrics

Meski Mengganggu Kesuburan, Pasien PCOS Masih Punya Peluang Hamil

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Meski Mengganggu Kesuburan, Pasien PCOS Masih Punya Peluang Hamil
Ilustrasi vagina, organ intim perempuan. [Shutterstock]

Pasien PCOS masih memungkinkan untuk hamil.

Suara.com - Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovary syndrome (PCOS) banyak diderita perempuan dan jadi penyebab umum ketidaksuburan. PCOS sendiri merupakan gangguan hormon yang umum diderita perempuan di usia subur dan penyebab terganggunya siklus menstruasi.

Melansir dari Healthshots, data terbaru menunjukkan bahwa setidaknya tiga dari 10 wanita didiagnosis PCOS. Setidaknya 20 hingga 25 persen perempuan yang sulit mendapatkan keturunan mengalami PCOS.

Ada kesalahpahaman bahwa mengalami PCOS berarti Anda tidak akan pernah bisa hamil secara spontan. Biasanya wanita dengan PCOS dianjurkan untuk mencoba kehamilan secara alami setidaknya selama 3 hingga 6 bulan.

Periode ini juga dapat digunakan secara efisien untuk membuat perubahan gaya hidup  termasuk olahraga teratur dan mengurangi berat badan. Hal ini memungkinkan untuk bisa memperbaiki ketidakseimbangan hormon dan ovulasi spontan serta kehamilan.

Baca Juga: Studi Singapura: Bayi Lahir dari Ibu Terinfeksi Covid-19 Memiliki Antibodi

Modifikasi diet berkontribusi pada 70 persen penurunan berat badan pada pasien PCOS.

"Dianjurkan untuk tidak melakukan diet drastis yang menjanjikan hasil cepat dalam waktu singkat. Sebaliknya, Anda harus mengikuti saran diet profesional. Ini akan membantu Anda mempertahankan penurunan berat badan dan menyeimbangkan hormon," catat Healthshots. 

Diet juga perlu didukung dengan latihan yang menargetkan otot inti tubuh, terutama perut, pinggul, dan paha. Olahraga harian seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang selama 30 hingga 45 menit dapat berpengaruh baik.

"Banyak perempuan dengan PCOS mungkin memerlukan obat induksi ovulasi untuk menghasilkan satu sel telur yang sehat dan berkualitas baik. Ini biasanya disertai dengan pelacakan sel telur dengan sonografi yang dapat memandu pasangan untuk memaksimalkan peluang konsepsi," imbuh Healthshots.

Sementara pada PCOS parah, kombinasi obat-obatan bersama dengan suntikan hormon diperlukan untuk merangsang ovarium agar menghasilkan satu atau lebih sel telur dan meningkatkan peluang kehamilan.

Baca Juga: Ibu Hamil Harus Dapat Pendampingan Khusus Selama Pandemi Covid-19

Komentar