alexametrics

Kabar Baik, Lansia Bisa Divaksinasi Tanpa Surat Keterangan Domisili

M. Reza Sulaiman | Aflaha Rizal Bahtiar
Kabar Baik, Lansia Bisa Divaksinasi Tanpa Surat Keterangan Domisili
Proses vaksinasi Covid - 19 kepada warga lanjut usia di RSUD Koja, Jakarta Utara, Selasa (23/2/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Kini, lansia bisa divaksinasi tanpa perlu menunjukkan surat keterangan domisili di puskesmas dan sentral vaksinasi yang ada.

Suara.com - Pemerintah mempermudah akses vaksinasi lansia bagi kelompok usia di atas 60 tahun. Kini, lansia bisa divaksinasi tanpa perlu menunjukkan surat keterangan domisili.

"Kini lansia bisa mendatangi pos-pos pelayanan vaksinasi atau sentral vaksinasi, tanpa perlu keterangan domisili lagi," ungkap Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, dalam webinar Tugas Mulia Urus Lansia, Selasa (6/4/2021).

aksinasi lansia bertujuan untuk menurunkan angka penularan sekaligus kematian akibat COVID-19. Sebab, kelompok lansia memiliki fatality rate alias angka kefatalan tertinggi terhadap paparan virus tersebut.

Ia berharap kemudahan akses ini bisa menaikkan persentase lansia yang divaksinasi hingga 90 persen di akhir Juni nanti.

Baca Juga: Ramadan, Dinkes Kabupaten Tegal Tetap Gelar Vaksinasi Siang Hari

INFOGRAFIS: Catat, Ini Kriteria Lansia yang Bisa Terima Vaksin Covid-19
INFOGRAFIS: Catat, Ini Kriteria Lansia yang Bisa Terima Vaksin Covid-19

"Kita sudah membuka banyak sentral vaksinasi, baik itu yang ada di Puskesmas maupun di beberapa pos-pos pelayanan vaksin milik pemerintah," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Prof Dr dr Hindra Irawan, SpA(K), mengungkapkan sudah 145 juta jiwa di seluruh dunia yang mendapat vaksinasi COVID-19.

Sejumlah reaksi efeksi samping alias KIPI dilaporkan, namun menurutnya ini adalah hal yang wajar.

"Memang sudah ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang dilaporkan. Namun saya bisa pastikan, KIPI ini adalah reaksi alamiah yang wajar. Dan ini terjadi setiap imunisasi, yang artinya vaksin aman bagi lansia," terangnya.

Ia juga mengatakan pentingnya informasi yang tepat dan akurat terkait vaksinasi lansia.

Baca Juga: Ikut Vaksinasi Lansia, Calon Jemaah Haji Bantul Mulai Terima Sinovac

"Testimoni dari pasangan lansia yang datang, tolong juga diambil gambarnya dan diwawancara, kemudian berikan penghargaan sehingga masyarakat percaya," imbaunya.

Di sisi lain, dr Dirga Sakti Rambe, SpPD yang juga merupakan vaksinolog mengatakan, vaksinasi lansia sangat penting karena sepertiga kasus COVID-19 terjadi pada lansia.

"Satu dari tiga pasien COVID-19 dirawat di rumah sakit merupakan golongan lansia. Itulah alasan mengapa kita menginginkan dan memperbanyak cakupan vaksinasi bagi golongan mereka, karena itu kita harus melindungi orang tua kita dengan segera," paparnya.

Ia juga berpesan bahwa vaksin saat ini aman dan efektif, seheingga tidak ada alasan untuk tidak vaksinasi.

"Jadi, ayo proaktif sebagai anak dan sebagai anak muda, pengurus RT/RW, untuk membawa dan mendaftarkan lansia agar bisa segera vaksinasi," pesannya.

Komentar