alexametrics

Bunda, Yuk Jaga Sistem Pencernaan Anak dengan Probiotik dan Prebiotik!

Risna Halidi | Lilis Varwati
Bunda, Yuk Jaga Sistem Pencernaan Anak dengan Probiotik dan Prebiotik!
Ilustrasi: Bunda, Yuk Jaga Pencernaan Anak dengan Probiotik dan Prebiotik! (Elements Envato)

Makanan seimbang kadang kala belum tentu mencukupi asupan gizi anak. Sehingga diperlukan asupan nutrisi tambahan.

Suara.com - Sistem pencernaan merupakan organ kekebalan terbesar dalam tubuh manusia. Sehingga cara paling efektif untuk mendukung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak adalah dengan memberikan nutrisi gizi seimbang.

Akan tetapi, makanan seimbang kadang kala belum tentu mencukupi asupan gizi anak. Sehingga diperlukan asupan nutrisi tambahan.

“Agar daya tahan tubuh anak lebih kuat, dibutuhkan asupan nutrisi harian yang konsisten serta dilengkapi juga dengan nutrisi tambahan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya," kata Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals Gregorius Daru Smaragiri dalam keterangan tertulisnya. 

Ada beberapa cara untuk mencapai daya tahan tubuh anak yang sehat secara alami, dua di antaranya dengan konsumsi probiotik dan prebiotik.

Baca Juga: Penting, Asupan Probiotik yang Seimbang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut Daru, asupan makanan bergizi seimbang dan tepat, kondisi anak yang terhidrasi dengan baik, ditambah olahraga stimulasi, bermain, dan tidur yang cukup akan dapat menjaga anak tetap bugar dan daya tahan tubuhnya tetap kuat.

Adapun kandungan prebiotik yang bisa menjadi andalan dan ditambahkan oleh para orangtua dalam menu harian anak sehari-hari adalah serat pangan inulin.

"Serat pangan inulin adalah nutrisi yang esensial untuk kesehatan saluran cerna dan imunitas tubuh anak, karena merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak," jelasnya.

Ia menambahkan, prebiotik di dalam serat pangan inulin juga membantu penyerapan kalsium dan mendorong kepadatan tulang, serta mengatur rasa kenyang. Dampak positifnya pada kesehatan anak di kemudian hari dapat mengurangi risiko obesitas, penyakit radang usus, dan alergi. 

"Untuk itu, makanan yang mengandung serat pangan inulin sangat disarankan untuk dikonsumsi anak,” ucap Daru.

Baca Juga: Kenali Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Mengganggu Kekebalan Tubuh

Salah satu cara membantu orangtua memastikan asupan serat pangan inulin mendukung fungsi saluran pencernaan anak bisa dilakukan dengan memberikan susu Morinaga Chil*Go! sebagai pelengkap menu sehari-hari anak.

Komentar