alexametrics

Karena Alasan Ini, Dokter Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Biji Durian Bukan Dagingnya

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Karena Alasan Ini, Dokter Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Biji Durian Bukan Dagingnya
Ilustrasi buah durian (shutterstock)

Alih-alih mengonsumsi daging durian, Dokter Zaidul Akbar justru menyarankan untuk mengonsumsi biji durian.

Suara.com - Alih-alih mengonsumsi daging durian, Dokter Zaidul Akbar justru menyarankan untuk mengonsumsi biji durian karena kandungan asam amino yang tinggi, yang baik untuk tubuh.

Menurut dr. Zaidul, biji durian adalah penyeimbang asam daging durian, yang apabila dikonsumsi berlebihan, bisa memicu kolesterol, obesitas, diabetes hingga jantung berdebar.

"Daripada makan daging durian banyak-banyak, mending makan bijinya banyak-banyak, lebih sehat bijinya bisa direbus, dikukus, atau dibikin tepung juga bagus, karena isi biji durian itu asam amino," ujarnya melalui kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Jumat (6/8/2021). Simak lebih lanjut di sini.

Asam amino atau amino acid adalah bentuk paling sederhana dari protein, salah satu nutrisi penting yang berperan dalam tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Terkenal Sehat, Hati-hati Kalau Makan Jambu Biji Berlebih

Mengingat asam amino tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, maka nutrisi ini harus diperoleh dari makanan dan minuman.

Dokter pencetus konsep jurus sehat rasulullah (JSR) itu mengatakan jika biji durian ini serupa dengan air kelapa.

Menurut dia, dalam buah-buahan semakin ia dilindungi dengan cangkang yang keras dan berduri, maka ada zat terbaik yang terkandung di dalamnya.

"Semakin dilindungi Allah SWT, biasanya suatu produk itu semakin berharga isi dalamnya," tutur dr. Zaidul.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) ini mengatakan kandungan nutrisi biji durian dibuktikan oleh penelitian di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu yang menemukan kandungan asam amino dalam limbah biji durian yang difermentasi dengan ragi tempe.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Tanaman Putri Malu Ternyata Bisa Sembuhkan Diabetes

"Kalau bisa bikin tempe dari biji durian itu bagus. Tempe itu tidak harus dari kedelai, bisa dari banyak biji-bijian fermentasi, salah satu makanan terbaik untuk pencernaan kita," pungkas dr. Zaidul.

Komentar