alexametrics

Jangan Dianggap Sepele, 7 Jenis Benjolan di Vagina Ini Harus Diwaspadai

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Jangan Dianggap Sepele, 7 Jenis Benjolan di Vagina Ini Harus Diwaspadai
Ilustrasi vagina, organ intim perempuan. [Shutterstock]

Vagina jadi organ intim terpenting bagi perempuan. Wajar saja jika ada hal mencurigakan seperti benjolan tertentu akan membuat khawatir.

Suara.com - Vagina jadi organ intim terpenting bagi perempuan. Wajar saja jika ada hal mencurigakan seperti benjolan tertentu akan membuat khawatir.

Tapi, tidak setiap benjolan di area vagina berbahaya. Benjolan pada vagina sebenarnya sering terjadi, terutama selama masa subur atau seiring bertambahnya usia.

Namun ada pula benjolan yang memerlukan perhatian medis. Dikutip dari situs Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) berikut benjolan area vagina yang harus diwaspadai:

1. Kista vulva

Baca Juga: Pasien Kanker Tiroid Perlu Rutin Cek Benjolan di Leher Meski Sudah Sembuh, Apa Sebabnya?

Vulva memiliki sejumlah kelenjar, termasuk kelenjar minyak, kelenjar Bartholin, dan kelenjar Skene. Kista dapat terbentuk jika kelenjar ini tersumbat.

ilustrasi vagina. (Shutterstock)
ilustrasi vagina. (Shutterstock)

Ukuran kista bervariasi, tetapi kebanyakan terasa seperti benjolan kecil dan keras. Kista biasanya tidak menyakitkan kecuali terinfeksi. Umumnya dapat hilang tanpa pengobatan. Tapi jika kista terinfeksi, dokter spesialis kulit dan kelamin dapat mengeringkannya dan mungkin meresepkan antibiotik.

2. Kista vagina

Kista vagina biasanya merupakan benjolan yang terasa keras di dinding vagina dan umumnya seukuran kacang polong atau lebih kecil. Kista inklusi vagina adalah jenis kista vagina yang paling umum. Kadang-kadang terbentuk setelah melahirkan atau cedera pada vagina.

Kista vagina biasanya tidak menyakitkan namun sangat mungkin membuat aktivitas seks menjadi tidak nyaman. Konsultasikan pada dokter spesialis kulit dan kelamin apa yang sebaiknya dilakukan atau merasa perlu untuk mengangatnya.

Baca Juga: Waspada! Meski Bukan Kanker Tiroid, Benjolan di Leher Tetap Bisa Ganggu Kesehatan

3. Bintik Fordyce

Komentar