alexametrics

Kuku Kaki Begini, Waspada Tanda Kolesterol Tinggi

Bimo Aria Fundrika
Kuku Kaki Begini, Waspada Tanda Kolesterol Tinggi
Ilustrasi Kuku Kaki (Pixabay/iGlobalWeb)

Seperti diketahui kolesterol punya banyak peran penting dalam tubuh, seperti membantu tubuh Anda membuat membran sel, banyak hormon, dan vitamin D.

Suara.com - Seorang yang memiliki kolesterol tinggi berarti memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah. Kolesterol adalah zat lilin yang diproduksi oleh hati.

Seperti diketahui kolesterol punya banyak peran penting dalam tubuh, seperti membantu tubuh Anda membuat membran sel, banyak hormon, dan vitamin D. Namun, jumlah kolesterol yang berlebihan dapat menyumbat arteri, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sayangnya, kolesterol tinggi biasanya tidak terdeteksi hingga menjadi serius. Kolesterol tinggi secara konsisten dapat menimbulkan gejala jika membatasi aliran darah ke kaki. Komplikasi ini disebut penyakit arteri perifer (PAD).

Ada tiga tanda PAD yang terkait dengan kaki. Menurut NHS, ini adalah:

Baca Juga: Perubahan Tekstur dan Warna Kuku Bisa Jadi Pertanda Kanker, Cek Sekarang!

Ilustrasi kolesterol tinggi (Unsplash)
Ilustrasi kolesterol tinggi (Unsplash)
  1. Rambut rontok di kaki dan kaki Anda
  2. kuku kaki yang rapuh dan tumbuh lambat
  3. Bisul (luka terbuka) di kaki dan kaki Anda, yang tidak sembuh-sembuh.

"Anda harus menemui dokter umum jika Anda mengalami nyeri kaki berulang saat berolahraga," saran NHS.

Badan kesehatan melanjutkan bahwa banyak orang secara keliru berpikir ini hanya bagian dari bertambahnya usia, tetapi tidak ada alasan mengapa orang yang sehat harus mengalami sakit kaki.

"PAD biasanya didiagnosis melalui pemeriksaan fisik oleh dokter umum, dan dengan membandingkan tekanan darah di lengan dan pergelangan kaki Anda," kata organisasi tersebut.

Untuk mengurangi risiko PAD dan komplikasi terkait darah lainnya, harus mengontrol kadar kolesterol.

Seorang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan menjalani gaya hidup sehat. Ada beberapa makanan yang tidak hanya merupakan bagian dari diet sehat, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol Anda secara aktif.

Baca Juga: 3 Alasan Daging Wagyu Harganya Mahal yang Jarang Diketahui Oleh Publik

Tip diet yang paling penting adalah mengurangi lemak jenuh, yang ditemukan dalam potongan daging berlemak dan produk daging, termasuk sosis dan pai.

Komentar