alexametrics

5 Cara Menjaga Organ dalam Sistem Eksresi Tubuh Manusia

Risna Halidi | Lilis Varwati
5 Cara Menjaga Organ dalam Sistem Eksresi Tubuh Manusia
Ilustrasi sistem ekskresi (http://repository.um-surabaya.ac.id/)

Dalam tubuh manusia, sistem ekskresi dilakukan oleh empat organ yakni ginjal, kulit, paru-paru, dan hati.

Suara.com - Dalam keadaan normal, tubuh pasti akan mengeluarkan kotoran melalui urin serta feses secara teratur. Kotoran tersebut berupa zat sisa yang telah selesai diproses dan tidak dibutuhkan tubuh seperti karbondioksida, urea, racun, dan lainnya.

Proses pembuangan itu disebut juga dengan sistem ekskresi. Dalam tubuh manusia, sistem ekskresi dilakukan oleh empat organ yakni ginjal, kulit, paru-paru, dan hati

Apabila salah satu dari organ tersebut mengalami masalah kesehatan, sudah pasti sistem eksresi juga akan terganggu.

Misalnya, seseorang yang mengalami gagal ginjal harus menjalani cuci darah atau hemodialisis secara rutin. Proses tersebut untuk menggantikan kerja ginjal yang tidak lagi optimal akibat terjadi kerusakan.

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Jerawat, Benarkah Karena Stres?

Ilustrasi organ tubuh manusia. (Envato)
Ilustrasi organ tubuh manusia. (Envato)

Ginjal merupakan organ eksresi utama dalam tubuh manusia. Fungsinya, menyaring sisa metabolisme dalam darah, seperti air, urea, dan garam.

Oleh sebab itu, menjaga setiap organ eksresi sangat penting dilakukan. Dikutip dari Ruang Guru, berikut lima cara menjaga organ eksresi agar tetap sehat.

1. Konsumsi air mineral yang cukup
Air mineral memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk organ sistem ekskresi seperti kulit dan ginjal. Minum air yang cukup dapat mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. 

Kandungan air yang optimal dalam tubuh berfungsi untuk mengatur suhu tubuh agar tetap stabil, melindungi organ dan jaringan dalam tubuh, membantu kerja sistem pencernaan.

Selain itu juga untuk membawa oksigen dan nutrisi dalam darah dan disalurkan ke sel-sel tubuh lain, menjaga kulit agar tetap lembap dan sehat, serta membantu kerja ginjal untuk membersihkan racun yang ada pada tubuh.

Baca Juga: Populer sebagai Bahan Produk Perawatan, Ini 5 Manfaat Calendula bagi Kulit

2. Mengatur pola makan
Anjuran Kementerian Kesehatan untuk konsumsi makanan bergizi seimbang. Pola makan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan.

Dengan mengatur pola makan yang benar, tubuh akan menjadi lebih berenergi karena sistem metabolisme meningkat. Selain itu, juga akan bantu menjaga kesehatan hati dan ginjal dengan mengurangi makan makanan yang tidak baik bagi tubuh.

3. Istirahat yang cukup
Selama tidur, kulit juga ikut beristirahat. Jadi, kualitas tidur yang baik akan membuat kulit menjadi sehat dan tidak kering. Tidur yang cukup ternyata juga penting untuk masa pertumbuhan.

Karena selama tidur, tubuh akan melepaskan hormon yang membantu masa pertumbuhan tulang, memperbaiki sel dan jaringan, serta meningkatkan massa otot.  

4. Olahraga teratur
Minimal olahraga yang dianjurkan selama 150 menit per minggu atau 30 menit per hari selama 3 kali seminggu. Olahraga paling mudah dan murah yang bisa dilakukan yakni, jalan cepat. Cukup lakukan 30 menit setiap pagi dan coba rasakan dampaknya bagi tubuh.

5. Tidak merokok maupun minum alkohol
Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru karena mengandung nikotin, tar, karbon monoksida, dan zat berbahaya lainnya.

Sementara itu, alkohol dapat membuat kerusakan pada hati karena harus bekerja jauh lebih keras untuk menetralisir racun yang terkandung dalam alkohol.

Komentar