facebook

Kenali Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Cuaca dan Kondisi Kesehatan Berpengaruh

Yasinta Rahmawati
Kenali Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Cuaca dan Kondisi Kesehatan Berpengaruh
Ilustrasi gambar (freepik)

Penyebab bibir kering paling umum terjadi karena cuaca dingin, kering, dan berangin. Meskipun bibir pecah-pecah dan kering biasanya tidak berbahaya.

Suara.com - Bibir pecah-pecah atau kering adalah hal biasa dan biasanya tidak berbahaya, tetapi penting untuk melindungi dan melembabkannya. Lantas, apa penyebab bibir kering dan pecah-pecah? 

Bibir pecah-pecah atau kering juga dikenal sebagai cheilitis, sangat umum terjadi, dan paling sering disebabkan oleh cuaca dingin, kering, dan berangin. Meskipun bibir pecah-pecah dan kering biasanya tidak berbahaya, penting untuk melindungi dan menghidrasinya dengan perawatan yang tepat.

Lantas, apa penyebab bibir kering dan pecah-pecah? Berikut ini ulasannya yang dilansir dari Everyday Health, Rabu (19/1/2022).

Penyebab Umum Bibir Kering

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG Pelabuhan Merak dan Daerah Pesisir Banten 20 Januari 2022

Bibir pecah-pecah biasanya disebabkan oleh paparan lingkungan yang menyebabkan iritasi, termasuk air liur dan menjilati bibir Anda, makanan pedas, serta cuaca dingin dan kering. 

Flu biasa  dan  kerusakan akibat sinar matahari  juga dapat menyebabkan bibir kering atau pecah-pecah. Selain itu, obat-obatan seperti  agen penurun kolesterol juga menjadi pemicu bibir kering.

Adapun penyebab umum lainnya yaitu kontak alergi atau iritasi adalah. Paparan produk eksternal menyebabkan reaksi alergi atau iritasi langsung pada kulit. Bibir pecah-pecah atau kering juga bisa disebabkan oleh kekeringan dan angin.

Ilustrasi bibir kering [shutterstock]
Ilustrasi bibir kering [shutterstock]

Kondisi Kesehatan Penyebab Bibir Kering

Bibir pecah-pecah atau kering juga dapat dikaitkan dengan berbagai kondisi medis yang mendasarinya, termasuk penyakit tiroid, kekurangan vitamin, dan penyakit radang usus. 

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG 20 Januari 2022 Tangerang Banten

Selain itu, rendahnya fungsi tiroid, kekurangan vitamin B kompleks, kadar seng, dan zat besi juga menyebabkan bibir pecah-pecah atau kering. 

Cheilitis sudut atau peradangan di sudut mulut merupakan kondisi kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan bibir kering atau pecah-pecah. 

Hal ini biasanya disebabkan oleh cuaca dingin, pertumbuhan berlebih ragi, dan/atau iritasi dari air liur, dan biasanya diobati dengan obat anti-ragi, anti-inflamasi, atau pelindung kulit semalaman.

Cheilitis aktinik adalah istilah yang diberikan untuk bibir pecah-pecah kronis yang berkembang sebagai akibat dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Hal ini adalah kondisi prakanker yang biasanya memengaruhi bibir bawah (yang menghadap ke atas ke arah matahari, sehingga berisiko mengalami kerusakan mendadak). 

Demikian informasi mengenai penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang perlu diketahui. Jika Anda memiliki bibir pecah-pecah atau kering yang tidak kunjung membaik dan Anda khawatir, segera temui dokter kulit.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar