facebook

Jangan Anggap Sepele Turun Berok, Ketahui Penyebab dan Gejala yang Muncul

Yasinta Rahmawati
Jangan Anggap Sepele Turun Berok, Ketahui Penyebab dan Gejala yang Muncul
Ilustrasi gambar (freepik)

Turun berok adalah suatu penyakit yang terjadi ketika organ dalam atau bagian tubuh lainnya menonjol melalui dinding otot atau jaringan yang biasanya menampungnya.

Suara.com - Hernia atau turun berok adalah suatu penyakit yang terjadi ketika organ dalam atau bagian tubuh lainnya menonjol melalui dinding otot atau jaringan yang biasanya menampungnya. Kebanyakan turun berok terjadi di dalam rongga perut, antara dada dan pinggul.

Diketahui, beberapa jenis turun berok yang meliputi: inguinalis, Hernia femoralis, Hernia umbilikalis, Hiatal (hiatus) hernia, Hernia insisional, Hernia epigastrium, Hernia Spigelian, dan Hernia diafragma.

Perlu diketahui juga, turun berok adalah suatu kondisi atau penyakit yang dapat diketahui dengan beberapa  gejala. Lantas, apa saja gejala turun berok? 

Berikut ini Gejala Turun Berok

Baca Juga: Solusi Pengobatan Tradisional Turun Berok Ala Dokter Zaidul Akbar

Turun berok di perut atau selangkangan dapat menghasilkan benjolan atau tonjolan yang terlihat yang dapat didorong kembali, atau yang dapat hilang saat berbaring. 

Tertawa, menangis, batuk, mengejan saat buang air besar, atau aktivitas fisik dapat membuat benjolan kembali muncul setelah didorong masuk.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini gejala turun berok yang perlu diketahui yang dilansir dari berbagai sumber:

  • Pembengkakan atau tonjolan di selangkangan atau skrotum (kantong yang berisi testis)
  • Peningkatan rasa sakit di lokasi tonjolan
  • Sakit saat mengangkat
  • Peningkatan ukuran tonjolan dari waktu ke waktu
  • Sensasi nyeri yang tumpul
  • Rasa penuh atau tanda-tanda obstruksi usus

Dalam kasus hernia hiatus tidak ada tonjolan di bagian luar tubuh. Sebaliknya, gejala mungkin termasuk mulas, gangguan pencernaan, kesulitan menelan, sering regurgitasi (membawa makanan kembali) dan nyeri dada.

Penyebab

Baca Juga: Cara Menghilangkan Milia, Lengkap dengan Gejala dan Penyebabnya

Hernia inguinalis dan femoralis disebakan oleh melemahnya otot yang mungkin sudah ada sejak lahir, atau terkait dengan penuaan dan ketegangan berulang pada daerah perut dan selangkangan. Ketegangan tersebut bisa berasal dari aktivitas fisik, obesitas, kehamilan, sering batuk, atau mengejan di toilet karena sembelit.

Orang dewasa mungkin mendapatkan hernia umbilikalis dengan mengejan di daerah perut, kelebihan berat badan, batuk berat yang berlangsung lama atau setelah melahirkan.

Penyebab hernia hiatus tidak sepenuhnya dipahami, tetapi melemahnya diafragma seiring bertambahnya usia atau tekanan pada perut bisa berperan.

Demikian informasi mengenai hernia atau turun berok lengkap dengan gejala dan penyebabnya. Jika mengalami beberapa gejala seperti di atas, segera konsultasikan ke dokter.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar