Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi Bantu Turunkan Risiko Gagal Jantung, Ini Sebabnya!

Yasinta Rahmawati, Shevinna Putti Anggraeni

Selasa, 19 April 2022 | 20:30 WIB
Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi Bantu Turunkan Risiko Gagal Jantung, Ini Sebabnya!
Ilustrasi minum air putih ( Foto : Unsplash,com )

Suara.com - Sebuah makalah yang diterbitkan dalam European Heart Journal, mengatakan minum air dalam jumlah cukup membantu menjaga kadar natrium yang sehat dalam aliran darah.

Pada gilirannya, minum air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi ini bisa mengurangi risiko gagal jantung, suatu kondisi kronis di mana jantung mengalami kesulitan memompa darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Lebih dari 6,2 juta orang Amerika menderita gagal jantung, yang merupakan lebih dari 2 persen populasi di Amerika Serikat dan lebih sering terjadi pada mereka yang berusia 65 tahun atau lebih tua.

Sebuah tim dari National Heart, Lung, and Blood Institute menganalisis data dari studi Risiko Aterosklerosis dalam Komunitas, yang telah mengikuti sekitar 16.000 orang dewasa selama 30 tahun guna lebih memahami aterosklerosis dan penyakit jantung.

Mayo Clinic mencatat orang sehat mempertahankan kadar natrium antara 135 dan 145 mmol/L dalam aliran darah.

Tapi saat kadar natrium itu meningkat, kadar cairan tubuh menurun sehingga para peneliti menggunakan natrium sebagai penanda status cairan untuk mengidentifikasi peserta yang memiliki kadar natrium lebih tinggi berisiko mengembangkan gagal jantung.

Ilustrasi penyakit jantung (Engin Akyurt dari Pexels)
Ilustrasi penyakit jantung (Engin Akyurt dari Pexels)

Studi ini berfokus pada peserta dengan tingkat hidrasi yang berada dalam kisaran normal yang tidak menderita diabetes, obesitas, atau gagal jantung.

Penelitian ini memfilter data ke sekitar 11.814 orang dewasa dalam analisis akhir, yang menemukan 11,56 persen untuk mengembangkan gagal jantung.

"Risiko gagal jantung meningkat sebesar 39 persen jika natrium serum usia paruh baya melebihi 143 mmol/L [milimol per liter], sesuai dengan 1 persen defisit air berat badan," para penulis peneliti dikutip dari Fox News.

baca juga

Mereka juga menemukan natrium serum 142,5-143 mmol/L pada kelompok usia paruh baya dikaitkan dengan peningkatan 62 persen kemungkinan untuk mengembangkan hipertrofi ventrikel kiri.

Di mana ruang pemompaan utama jantung, ventrikel kiri menebal sehingga menyebabkan pemompaan jantung berpotensi berkurang dan meningkatkan risiko gagal jantung.

Siaran pers mencatat tingkat natrium dalam aliran darah 143 mmol/L berkorelasi dengan peningkatan risiko LVH 102 persen dan peningkatan risiko gagal jantung sebesar 54 persen.

"Berdasarkan data ini, penulis menyimpulkan kadar natrium serum di atas 142 mEq/L pada usia paruh baya dikaitkan dengan peningkatan risiko untuk mengembangkan hipertrofi ventrikel kiri dan gagal jantung di kemudian hari," jelasnya.

Sayangnya, studi ini masih kurang karena tidak bisa membuktikan kadar natrium darah yang lebih tinggi menyebabkan gagal jantung. Penelitian ini juga hanya observasional dan bukan uji klinis terkontrol secara acak.

Meskipun kebanyakan orang sehat yang mengalami dehidrasi akan terpicu untuk minum air, orang tua mungkin tidak memiliki dorongan rasa haus yang sama.

"Orang yang lebih tua tidak merasakan rasa haus seperti ketika mereka masih muda. Sehingga, kondisi ini bisa menjadi masalah ketika mereka sedang menjalani pengobatan yang bisa menyebabkan kehilangan cairan, seperti diuretik," kata r. Julian Seifter, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Sama halnya dengan mengurangi asupan garam, minum air dalam jumlah cukup dan tetap terhidrasi adalah cara untuk mendukung kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

4 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan, Dapat Memelihara Kesehatan Jantung

4 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan, Dapat Memelihara Kesehatan Jantung

Your Say | Selasa, 19 April 2022 | 15:30 WIB

Peneliti: Orang yang Depresi Lebih Berisiko Alami Penyakit Jantung, Kok Bisa?

Peneliti: Orang yang Depresi Lebih Berisiko Alami Penyakit Jantung, Kok Bisa?

Health | Selasa, 19 April 2022 | 08:18 WIB

Pidi Baiq Pasang Ring untuk Atasi Serangan Jantung, Seperti Apa Efek Sampingnya?

Pidi Baiq Pasang Ring untuk Atasi Serangan Jantung, Seperti Apa Efek Sampingnya?

Health | Selasa, 19 April 2022 | 04:30 WIB

Terkini

Sensasi Balap Honda Vario Evo 160 Warnai Kemeriahan AHDC Purwokerto

Sensasi Balap Honda Vario Evo 160 Warnai Kemeriahan AHDC Purwokerto

Otomotif | Senin, 17 Agustus 2026 | 06:23 WIB

Gubernur Sulsel Salurkan Bantuan Rp500 Juta untuk Korban Gempa NTT

Gubernur Sulsel Salurkan Bantuan Rp500 Juta untuk Korban Gempa NTT

Sulsel | Senin, 17 Agustus 2026 | 06:19 WIB

Keluar dari Fase Kelam, Calvin Dores Bangkit dan Tandai 'Kemerdekaan' Lewat Lagu 'Sampai Kapankah'

Keluar dari Fase Kelam, Calvin Dores Bangkit dan Tandai 'Kemerdekaan' Lewat Lagu 'Sampai Kapankah'

Entertainment | Senin, 17 Agustus 2026 | 06:05 WIB

Sehari Usai Gempa NTT, Pemerintah Kirim 27 Ton Logistik dan 3.500 Personel TNI-Polri

Sehari Usai Gempa NTT, Pemerintah Kirim 27 Ton Logistik dan 3.500 Personel TNI-Polri

News | Senin, 17 Agustus 2026 | 06:00 WIB

Bukan Sekadar Hiasan, Momen Warga Garut Bentangkan Bendera Merah Putih 700 Meter

Bukan Sekadar Hiasan, Momen Warga Garut Bentangkan Bendera Merah Putih 700 Meter

Jabar | Senin, 17 Agustus 2026 | 06:00 WIB

HUT RI 2026 Diprediksi Padat, Polisi Buka 27 Kantong Parkir di Monas, GBK, hingga Ancol

HUT RI 2026 Diprediksi Padat, Polisi Buka 27 Kantong Parkir di Monas, GBK, hingga Ancol

Jakarta | Senin, 17 Agustus 2026 | 04:50 WIB

Liburan Agustus Lebih Hemat! Ada Diskon di Wisata Nako Pasir Angin Bareng BRI

Liburan Agustus Lebih Hemat! Ada Diskon di Wisata Nako Pasir Angin Bareng BRI

Bri | Minggu, 16 Agustus 2026 | 23:52 WIB

Satgas Galapana DPR RI ke Ruteng, Kumpulkan Menteri hingga Bos BUMN untuk Tangani Korban Gempa

Satgas Galapana DPR RI ke Ruteng, Kumpulkan Menteri hingga Bos BUMN untuk Tangani Korban Gempa

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 23:16 WIB

Bangunan Dapur MBG di Muara Enim Jadi Sasaran Maling, Motor dan Ponsel Raib

Bangunan Dapur MBG di Muara Enim Jadi Sasaran Maling, Motor dan Ponsel Raib

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:52 WIB

Pasar Murah HUT RI Digelar di 5 Kecamatan Palembang, Ada Diskon Belanja Rp10 Ribu

Pasar Murah HUT RI Digelar di 5 Kecamatan Palembang, Ada Diskon Belanja Rp10 Ribu

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:40 WIB

×