facebook

Mengenal Anti-Mullerian Hormone, Jenis Pemeriksaan Kesuburan Bagi Kaum Hawa

Risna Halidi
Mengenal Anti-Mullerian Hormone, Jenis Pemeriksaan Kesuburan Bagi Kaum Hawa
Ilustrasi: Infertilitas atau kesuburan yang buruk. [Shutterstock]

Berdasarkan data Profil Kesehatan Indonesia, 8 juta dari total 67 juta pasangan usia subur di Indonesia.

Suara.com - Menurut data BKKBN 2020 - berdasarkan data Profil Kesehatan Indonesia, 8 juta dari total 67 juta pasangan usia subur di Indonesia, mengalami gangguan infertilitas atau masalah kesuburan.

Padahal fertilitas atau bisa juga disebut dengan kesuburan merupakan salah satu faktor penting bagi setiap pasangan yang ingin mendapatkan keturunan.

Untuk itu, selama tiga tahun berdiri Pusat, Fertilitas Bocah Indonesia atau PFBI mengajak masyarakat untuk peduli sedari dini terkait masalah kesuburan melalui kampanye bertajuk #YakinSubur.

Yakin Subur merupakan kampanye yang menyasar perempuan Indonesia untuk melakukan pemeriksaan Anti-Mullerian Hormone atau AMH.

Baca Juga: Keseringan Makan Daging Turunkan Kesuburan Pria, Ini Saran Ahli!

Dari hasil pemeriksaan AMH tersebut, nantinya dapat digunakan untuk mengetahui cadangan sel telur yang dimiliki sebagai salah satu proses cek kesuburan dasar terutama bagi perempuan yang ingin merencanakan program hamil.

"Melalui kampanye ini, kami ingin mengajak perempuan hebat Indonesia untuk tidak takut mengecek kondisi kesuburan bahkan bagi yang sudah menikah dan ingin memeriksakan kesuburan serta perempuan yang akan merencanakan pernikahan," kata Chief Executive Officer PFBI, dr. Pandji Sadar dikutip dari siaran pers, Senin (23/5/2022).

Dengan melakukan pemeriksaan AMH, maka pasangan dan tenaga media dapat segera menentukan penanganan yang tepat sebelum menjalani program hamil.

Kampanye ini diharapkan bisa membuat pasangan khususnya perempuan untuk dapat memahami lebih dalam kondisi kesuburannya dan segera memiliki buah hati dengan menanggulangi masalah kesuburan sejak dini.

"Banyak wanita Indonesia dan Asia yang terlalu lama terbebani dengan stigma yang membuat wanita tidak atau enggan bersuara masalah kesuburan. Sebagai startup dalam bidang infertilitas kami hadir untuk menciptakan revolusi dalam bidang kesehatan dan kesuburan,” tutur dr. Pandji lagi.

Baca Juga: Pakar Kesuburan: Hindari Pola Makan Vegetarian Jika Ingin Hamil

Adapun, terdapat dua paket Yakin Subur yang dihadirkan PFBI yaitu Yakin Subur dan Yakin Subur++. Paket terdiri dari pemeriksaan AMH dan mendapatkan free konsultasi online dengan dokter spesialis Obgyn.

Sedangkan Paket Yakin Subur++ terdiri dari pemeriksaan AMH, Analisa Sperma, dan free konsultasi online dengan dokter spesialis Obgyn atau Andrologi.

Komentar