Tingkatkan Stamina dan Energi Tak Selalu dengan Konsumsi Kafein, Ini Cara Lainnya

Dinda Rachmawati
Tingkatkan Stamina dan Energi Tak Selalu dengan Konsumsi Kafein, Ini Cara Lainnya
Ilustrasi Secangkir kopi akan membuat Anda lebih semangat. (sumber: visualphotos)

Akan tetapi, menggunakan kafein secara berlebihan dan dalam jangka panjang berakibat buruk terhadap kesehatan, mengingat ginjal dan jantung diforsir bekerja lebih ker

Suara.com - Pada umumnya, masyarakat memilih mengonsumsi produk penambah tenaga atau energy booster seperti kafein ketika stamina tidak prima. Akan tetapi, menggunakan kafein secara berlebihan dan dalam jangka panjang berakibat buruk terhadap kesehatan, mengingat ginjal dan jantung diforsir bekerja lebih keras. 

Dokter spesialis gizi klinik di Nutrif Clinic & Nutrif Farma di Bandung, dr. L. Arif Firiandri Yulius, Sp.GK, AIFO-K, juga mengatakan jika banyak masyarakat yang juga tidak kuat ketika mengonsumsi kafein. Sebaiknya  menghindari asupan tersebut karena berisiko terkena penyakit jantung.

"Jika memiliki sakit lambung, memerlukan kehati-hatian dalam konsumsi kafein karena dapat memicu sakit lambung, sehingga proses pencernaan akan terganggu. Selain itu, minuman yang mengandung kafein biasanya juga mengandung tanin yang mengganggu penyerapan zat besi," ujar dr. Arif dalam siaran pers yang Suara.com terima Kamis (1/12/2022).

Inilah yang membuat PT Novell Pharmaceutical Laboratories meluncurkan kopi serbuk siap seduh dengan kandungan gizi lengkap dan bermanfaat bagi tubuh. Nutrafor Gold Coffee mengandung siberian ginseng dan komposisi lengkap seperti siberian ginseng, Omega 3, vitamin B kompleks, zinc, dan kalsium. 

Baca Juga: Heboh, Ditemukan Batu yang Menyimpan Energi Listrik di Kongo, Ternyata...

Menurut dr. Arif, siberian ginseng bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung elemen-elemen yang bertindak sebagai antiperadangan, antitumor, antikanker, menjaga kesehatan liver, memperkuat sistem imun, melindungi sistem saraf, menangkal radikal bebas, serta menstabilkan gula darah.

Ia juga menambahkan bahwa Omega 3 berperan menjaga kesehatan jantung, sistem saraf, kesehatan mata, dan memiliki kandungan antiperadangan. Beragam multivitamin turut menunjang kesehatan organ dan metabolisme.

Selain itu, dr. Arif juga memaparkan beberapa strategi yang bisa dicoba meningkatkan stamina tanpa mengonsumsi kafein maupun energy booster lainnya. Di mana Anda hanya perlu memenuhi kebutuhan multivitamin maupun mineral dengan agar tubuh tetap bugar, memulihkan stamina, dan kesehatan terjaga.

Kiat-kiat lainnya adalah makan gizi seimbang; meminum paling sedikit dua liter air; manajemen stres; tidur cukup dari tujuh hingga delapan jam setiap hari; olahraga teratur satu jam sehari, tiga hingga empat kali seminggu; dan jauhi alkohol berlebihan dan rokok.

Baca Juga: Proyek Pengembangan Panas Bumi Dieng dan Patuhan Belum Jelas, Berpotensi Mangkrak?