facebook

Sudah Tahu Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan? Simak Selengkapnya Berikut Ini

Arendya Nariswari
Sudah Tahu Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan? Simak Selengkapnya Berikut Ini
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Shutterstock)

Mulai dari memberikan proteksi pada tubuh hingga melindungi syaraf, cek manfaat teh hijau untuk kesehatan berikut ini yuk!

Suara.com - Hobi minum teh ternyata dapat membawa manfaat yang besar. Tak hanya rasa rileks, namun konsumsi teh, khususnya teh hijau, dapat memberikan tubuh benefit yang besar. Berikut kami sajikan beberapa manfaat teh hijau untuk  Anda.

1. Memberikan Proteksi pada Sel Tubuh

Kadar antioksidan dalam teh hijau ternyata cukup tinggi, dan bisa bermanfaat besar dalam memberikan perlindungan pada sel tubuh dari kerusakan. Bahkan pada titik tertentu, perlindungan juga akan diterima oleh DNA tubuh terhadap serangan radikal bebas.

2. Melindungi Otak dan Sistem Saraf

Baca Juga: Minum Teh atau Kopi Bisa Turunkan Risiko Demensia, Begini Penjelasannya

Manfaat teh hijau yang kedua adalah dapat membantu melindungi otak dan sistem saraf. Teh hijau dapat membantu mencegah penyempitan pembuluih darah, sehingga peredaran darah ke otak semakin lancar. Kandungan dalam minuman sedap ini juga dapat membantu menghambat pembentukan plak yang dapat memicu penyakit Alzheimer.

3. Mengurangi Stres

Well, mungkin jadi salah satu manfaat teh hijau yang paling jelas dan paling mudah dirasakan. Saat Anda merasa penat dan jenuh, teh hijau hangat dan pekat bisa jadi solusi alternatif selain mencari hiburan. Kandungan kafein yang ada di dalamnya ternyata lebih besar dari kopi. Namun efek menenangkan bisa didapatkan secara optimal.

Ilustrasi teh hijau. (Pixabay/apple deng)
Ilustrasi teh hijau. (Pixabay/apple deng)

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Karena dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menurunkan kadar kolesterol, maka secara langsung konsumsi teh hijau secara rutin juga dapat membantu mencegah resiko masalah jantung. Resikonya bisa turun sebanyak 26% ketika konsumsi harian mencapai 5 gelas (dalam sebuah temuan di Jepang).

Baca Juga: 3 Minuman Ini Diklaim Bisa Menurunkan Berat Badan, padahal Tidak Efektif

5. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Teh hijau kaya akan kandungan Catechin, sehingga dapat membantu Anda mengendalikan gula darah. Pada penderita diabetes, konsumsi rutin minuman ini bisa jadi alternatif yang mendukung pengobatan. Bersamaan dengan itu, manfaat teh hijau juga adalah untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta kerusakan akibat makanan berlemak terlalu tinggi.

Itu tadi, beberapa manfaat teh hijau ketika dikonsumsi secara rutin. Memang manfaatnya tak dapat dirasakan secara instan. Namun ketika dikonsumsi secara rutin dalam tempo waktu tertentu, maka kesehatan Anda benar-benar akan meningkat secara signifikan.

Demikian tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat teh hijau, semoga berguna dan selamat menjalankan aktivitas Anda kembali!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar