facebook

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Merawat Rambut Berwarna Agar Bisa Tahan Lama

Risna Halidi | Lilis Varwati
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Merawat Rambut Berwarna Agar Bisa Tahan Lama
Ilustrasi rambut (Pixabay/Krzysiek)

Secara alami, pewarna rambut memang akan pudar seiring waktu.

Suara.com - Mewarnai rambut dapat memberikan kepuasan sendiri bagi beberapa orang. Selain menjadi bagian dari identitas diri, warna rambut juga dapat menunjang penampilan.

Akan tetapi, kebanyakan orang mungkin merasa banyak pewarna rambut yang cepat luntur. Sehingga tidak lagi sesuai dengan yang diinginkan. Secara alami, pewarna rambut memang akan pudar seiring waktu.

Hanya saja, prosesnya bisa diperlambat apabila dirawat dengan tepat.

Head of Education of L’Oréal Professionnel - Indra Tanudarma mengatakan, perawatan rambut bukan hanya mengandalkan produk hair treatment tapi juga tergantung perilaku yang dilakukan sehari-hari.

Baca Juga: Kembali WFO, Yuk Tampil dengan Warna Rambut Baru!

Selain itu, tipe warna rambut juga dapat memengaruhi hal-hal yang boleh dan tidak bisa dilakukan dalam perawatan rambut.

"Kalau brunette hair, keramas pakai air panas boleh iya, boleh enggak. Asal jangan terlalu sering," kata Indra dalam acara diskusi L’Oréal Professionnel di Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Brunette hair ditandai dengan pewarnaan rambut cokelat terang ataupun cokelat tua. Tipe warna tersebut juga masih aman apabila terkena pemanas rambut atau catokan.

"Pakai catokan kadang-kadang boleh, tapi jangan terlalu sering. Pakai hair treatment itu harus selalu," imbuh Indra.

Beda lagi untuk perawatan rambut dengan warna blonde ashy atau yang lebih terang agak keabu-abuan. Indra mengingatkan, tipe rambut cool tone ini sebaiknya tidak dikeramas dengan air panas juga jangan menggunakan catokan.

Baca Juga: Pakai Rambut Palsu, Pelaku Pembunuh Janda di Sukabumi Nyamar Jadi Tarzan Sembunyi di Gunung

"Jadi lebih ketat komitmennya. Dan pasti sama juga, harus selalu pakai hair treatment," ujarnya.

Rambut dengan pewarnaan yang terang memang cenderung lebih cepat pudar. Karena tingkat bleaching juga lebih tinggi daripada pewarnaan brunette.

"Semakin tinggi level bleach pasti jadi lebih cepat pudar. Seperti warna ash, pink, ross gold, pastel itu pasti akan cepat pudar," ujarnya.

"Semua tergantung dari komitmen kita. Kalau ke salon, selalu tanya komitmen apa yang harus dilakukan agar warna rambut bertahan lama," pesan Indra.

Komentar