Berapa Penghasilan YouTube Lidya Pratiwi? Jadi YouTuber Kuliner Usai Bebas dari Penjara

Kamis, 02 Oktober 2025 | 15:42 WIB
Berapa Penghasilan YouTube Lidya Pratiwi? Jadi YouTuber Kuliner Usai Bebas dari Penjara
Lidya Pratiwi (Instagram)

Suara.com - Lidya Pratiwi dahulu dikenal sebagai bintang sinetron yang muncul di berbagai judul. Namun kariernya harus tenggelam lantaran terlibat kasus pembunuhan kekasihnya sendiri di tahun 2006 lalu.

Bebas tahun 2018 silam, kini ia menggeluti dunia YouTube. Banyak yang penasaran berapa penghasilan YouTube Lidya Pratiwi saat ini.

YouTuber sendiri biasanya mendapatkan penghasilan dari AdSense yang diberikan, sponsor, donasi, atau member yang tergabung dalam komunitasnya. Hal-hal ini jadi sumber penghasilan pembuat konten di YouTube, namun angkanya sangat bervariasi.

Pada konteks Lidya Pratiwi, atau kini dikenal dengan nama Maria Eleanor, beberapa orang penasaran dengan penghasilan dari kanal YouTube yang dimilikinya.

Hingga saat artikel ini ditulis pada Kamis, 2 Oktober 2025, tercatat ada 591 subscribers yang ia miliki dengan video paling banyak ditonton sebanyak 2,2 ribu kali tayangan.

Penghasilan YouTube Lidya Pratiwi

Penghasilan yang didapatkan seorang YouTuber sebenarnya bergantung pada beberapa hal dan memiliki beberapa cara untuk menghitungnya.

Mulai dari YouTube Ads, Paid Promote atau Endorsement, Affiliate Marketing, hingga penjualan produk sendiri.

Jika melihat pada kanal MariaEleanor.official dengan total 591 subscriber, maka ia masih termasuk di skala pemula atau mikro.

Baca Juga: Profil Lidya Pratiwi alias Maria Eleanor, Artis Eks Napi yang Banting Setir Jadi YouTuber

Mengacu pada beberapa situs dan sumber, rata-rata penghasilan YouTuber pemula di indonesia berkisar pada angka US$18 atau sekitar Rp245,000 untuk setiap 1,000 tayangan video.

Tentu, angka ini hanya perkiraan rata-rata saja, dan angka akhirnya akan tergantung pada beberapa faktor yang disebutkan sebelumnya tadi.

Meski demikian, terdapat sederet syarat dan ketentuan yang juga berlaku untuk melakukan monetisasi pada kanal YouTube yang dimiliki seseorang.

Sekilas Gambaran Cara Menghitung Gaji atau Pendapatan YouTuber

Pada konteks subscriber yang dimiliki sudah berada di range 100,000 hingga 1,000,000 maka perhitungannya akan menggunakan Cost Per Thousand Impressions atau CPM, dan Cost Per Click atau CPC.

Dua metode tersebut digunakan untuk menghitung penghasilan dari iklan yang ditayangkan pada video yang dimiliki. Masing-masing dapat dicermati pada penjelasan di bawah ini.

1. Cost Per Thousand Impressions atau CPM

Sederhananya, CPM adalah biaya yang dibayar oleh pengiklan untuk setiap 1,000 tayangan iklan yang muncul di video YouTube. Pendapatan ini bergantung pada harga penawaran iklan, jenis iklan, dan konsistensi.

Secara ideal contoh perhitungan CPM dengan rate Rp10,000 dengan video yang ditayangkan 100,000 kali per bulan adalah sebagai berikut:

Pendapatan dari CPM = (100.000 /1.000) x Rp10.000 = Rp1.000.000

2. Cost Per Click atau CPC

Untuk perhitungan CPC sendiri akan bergantung pada total klik iklan yang didapatkan. Misalnya klik iklan diberikan rate Rp10.000 per klik dengan total klik yang didapatkan adalah 20.000 klik pada video Anda, maka CPC yang diperoleh dengan skenario yang sama pada CPM di atas adalah:

20.000 x 10.000 = Rp200.000.000

Ingat, angka dan perhitungan di atas hanya sekedar gambaran saja. Namun, setidaknya terdapat gambaran logis tentang perhitungan yang bisa dilakukan pada penghasilan YouTuber seperti Maria Eleanor yang tengah dibahas sekarang ini.

Media Sosial Lain Milik Maria Eleonora

Selain YouTube, Lidya Pratiwi juga memiliki beberapa media sosial lain seperti Instagram dan TikTok. Berbeda dengan kanal YouTube yang dimilikinya, pengikutnya di dua media sosial ini tergolong cukup besar.

Pada Instagram di @mariaeleanor.official, tercatat sebanyak 61,2 ribu pengikut. Sementara pada TikTok di @mariaeleanor.official tercatat sebanyak 44,6 ribu pengikut yang menyaksikan unggahannya.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

×
Zoomed

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERKINI