Terdakwa Biasanya Sedih dan Murung, Tapi Jessica Tenang, Kenapa?

Siswanto | Agung Sandy Lesmana
Terdakwa Biasanya Sedih dan Murung, Tapi Jessica Tenang, Kenapa?
Terdakwa Jessica Kumala Wongso dan pengacara Otto Hasibuan di Pengadilan Jakarta Pusat, Senin (15/8). [suara.com/Oke Atmaja]

"Sementara terdakwa Jessica Ini terlihat tenang," kata dia.

Suara.com - Hakim anggota Binsar Gultom meminta ahli psikologi Antonia Ratih Andjayani menjelaskan gestur dan ekspresi terdakwa Jessica Kumala Wongso yang selama ini selalu terlihat tenang, beda dengan terdakwa pada umumnya.

"Banyak persidangan yang kami lewati dan kami melihat wajah-wajah terdakwa biasanya sedih, murung, tidak berseri-serilah. Sementara terdakwa Jessica Ini terlihat tenang. Apakah saudara bisa menilai Jessica?" kata Binsar dalam sidang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (15/8/2016).

Antonia kemudian menjelaskan kepribadian Jessica termasuk kategori amorous narcissistic. Salah satu ciri orang dengan kepribadian amorous narcissistic ialah cenderung sangat menginginkan adanya pengakuan kepada sekelilingnya. Sebab, menurutnya, orang yang memiliki karakter ini membutuhkan adanya perhatian lebih dari orang sekitar untuk memberikan energi kepada dirinya.

"Merujuk pada hasil analisa saya, kita berbicara tentang personality profile. Menjadi center of attention memberikan energi kepada Jessica. Hal yang khas dari kepribadian narcissistic adalah menikmati atensi semakin banyak atensi yang diterima menjadi energi," katanya.

Ada delapan ciri orang yang memiliki kepribadian amorous narcissistic. Pertama, kemampuan mengingat dalam kebutuhan emosional yang dilakukan untuk nafsu seksual.

Kedua, mereka membuat hubungan yang dijalankan istimewa tapi tidak tulus menjalankannya. Ketiga, tidak tulus, tapi ketika mendapat yang diinginkan mereka tidak puas.

Keempat, kemahiran seksual sebagai bentuk narsistik yang dimilikinya. Kelima, saat mereka menang terhadap seseorang kemudian beranggapan orang tersebut sudah penting untuk mencari orang lain lagi.

Keenam, sebagian besar tidak akan mengubah perilakunya lantaran memandang konfrontasi bentuk dari orang lain. Ketujuh, mereka sering menggunakan kebohongan yang rumit.

Kedelapan, seseorang akan merawat tampilan fisik seperti cara berpakaian dengan sangat hati-hati.

Dari kedelapan ciri tersebut, Jessica tergolong paling terlihat pada ciri yang ketiga, kelima, keenam, ketujuh, dan kedelapan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS