Sosok Tak Terduga di 2 Foto Legendaris Bung Karno

Reza Gunadha
Sosok Tak Terduga di 2 Foto Legendaris Bung Karno
[Dok.Republik Indonesia/Twitter]

"Photobomb", begitulah generasi milenial kekinian menyebut foto-foto yang seharusnya serius tapi ternyata "terganggu".

Suara.com - Foto kenegaraan biasanya bersifat serius dan “bersih” dari segala macam gangguan. Namun, foto-foto kenegaraan Republik Indonesia pada era terdahulu ternyata tak seperti itu. Potret-potret resmi tersebut tak jarang ikut merekam insiden tidak lazim.

“Photobomb”, begitulah generasi milenial kekinian menyebut foto-foto yang seharusnya serius tapi ternyata “terganggu” oleh kehadiran subjek potret yang lain.

Setidaknya, itulah yang terdapat dalam dua foto resmi RI pada masa Presiden pertama Soekarno dan pejuang kemerdekaan.

Baca Juga: Cek Fakta: Resmi! Ganjar Pranowo Dipecat PDI P, Benarkah?

Kedua foto itu diunggah oleh akun @imanbr di Twitter, milik pekerja seni sekaligus sutradara Iman Brotoseno, Minggu (9/7/2017) pekan lalu.

Foto pertama yang diunggah Iman adalah potret Bung Karno dan anggota kabinet pertama RI.

“Foto kabinet pertama RI. Menlu (Menteri Luar Negeri) jasnya kesempitan. Menteri Pertahanan malah pakai celana pendek dipadu jas. Hanya Bung Karno paling parlente,” tulis Iman sebagai keterangan foto tersebut.

Selain memperdebatkan siapa saja nama menteri kabinet pertama, warganet juga ternyata mendapati “sosok misterius” yang secara tak sengaja turut terpotret.

Baca Juga: Bikin Geram! BRIN Hapus Nama Habibie, Rocky Gerung Berikan Komentar Pedas

Pada foto tersebut, terdapat seorang anjing yang asyik berjalan di hadapan Bung Karno dkk, suatu hal yang tak mungkin terjadi dalam foto kenegaraan di era kiwari.