Polisi dan Tentara Kepung Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya

Pebriansyah Ariefana
Polisi dan Tentara Kepung Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya
Asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya dikepung aparat keamanan. (Suara.com/Dimas)

Saat melakukan operasi yustisi, polisi dan tentara itu mendobrak meda dan mengeluarkan kata-kata kotor.

Suara.com - Asrama mahasiswa Papua di jalan Kalasan Surabaya dikepung aparat keamanan. Sempat terjadi ketegangan di sana.

Pengacara publik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya Muhammad Soleh mengatakan Asrama Mahasiswa Papua, sempat dikepung oleh pihak keamanan, Jumat (6/7/2018) malam.

"Sebelumnya, sekitar jam 7 malam, ada beberapa Intel (Intelijen) yang sudah mengawasi. Sekitar pukul 19.30 WIB sampai pukul 20.00 WIB, datang pasukan yang terdiri dari Satpol PP, Polisi dan TNI mencoba masuk dengan alasan mau mengadakan pendataan dan Yustisi katanya," ujar Soleh pada Suara.com

Soleh dan perwakilan mahasiswa Papua yang ada di sana menanyakan kepada Camat Tambaksari, Ridwan Mubarun, yang kebetulan datang ke lokasi, soal surat tugas mereka.

"Kami menanyakan ada surat perintahnya, dan mereka menjawab kami dari pemerintahan, jadi tidak perlu hal itu. Saya menjawab, oh tidak bisa gitu juga pak, kalau memang ini operasi yustisi, kenapa hanya teman-teman Papua saja dan yang lain tidak," imbuhnya.

Saat melakukan operasi yustisi, polisi dan tentara itu mendobrak meda dan mengeluarkan kata-kata kotor. Bahkan salah stau mahasiswi melakukan pelecehan.

"Beberapa aparat yang datang mengeluarkan kata-kata tidak pantas, sebagian dobrak-dobrak meja. Dan saya serta salah satu mahasiswi dari Surabaya diseret, dan teman mahasiswi itu merasa dilecehkan oleh salah satu pihak aparat," ungkapnya.

Meski begitu, pihak mahasiswa Papua ini menawarkan audiensi dengan Pak Camat, tepatnya besok.

"Dari Mahasiswa Papua silahkan audensi, tapi dengan syarat tanpa aparat," paparnya. (Dimas Angga P)

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS