Prediksi Pileg Charta Politika: PDI-P Teratas, Garuda Paling Buncit

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih
Prediksi Pileg Charta Politika: PDI-P Teratas, Garuda Paling Buncit
Direktur Eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya memaparkan hasil riset yang dilakukan lembaganya di kantor Charta Politica, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2019). [Suara.com/Fakhri Fuadi]

Dari keseluruhan data survei pemilihan legislatif, jumlah undecided voters atau yang belum menentukan pilihan sebanyak 17,1 persen.

Suara.com - Lembaga Survei Charta Politika menyebut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akan memperoleh suara tertinggi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Perolehan suara PDI-P diprediksi mencapai 24,8 persen.

Sedangkan, Partai Gerindra sebagai partai pengusung Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto memperoleh peringkat kedua dengan raihan suara sebanyak 15.7 persen.

Sementara di peringkat ketiga sampai kelima ditempati oleh Partai Golkar 9,8 persen, PKB 7,2 persen, dan Partai Demokrat 5,1 persen.

"PDIP dan Partai Gerindra merupakan partai politik tertinggi pilihan masyarakat," kata Direktur Eksekutif Charta Politica, Yunarto Wijaya di kantor Charta Politica, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2019).

Peringkat tiga terakhir dari hasil survei Charta Politika adalah Partai Garuda 0,2 persen, PKPI 0,3 persen dan Partai Berkarya 0,4 persen.

Dari keseluruhan data survei Pileg, jumlah undecided voters atau yang belum menentukan pilihan sebanyak 17,1 persen.

Yunarto memprediksi, nantinya akan ada delapan sampai sembilan partai yang akan meramaikan kursi parlemen. Dalam hasil survei Charta Politika, terdapat tujuh partai yang sudah melewati ambang batas parliamentary thershold yaitu empat persen.

"Prediksi saya nanti ada sekitar 8-9 partai yang akan lolos," jelas Yunarto.

Survei Charta Politika tersebut dilakukan dari 1-9 Maret 2019 dengan melakukan wawancara tatap muka, dengan menggunakan kuesioner terstruktur terhadap 2000 orang yang sudah 17 tahun atau terdaftar sebagai pemilih.

Metode penarikan sampel dilakukan secara acak bertingkat dengan margin of error kurang lebih 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS