alexametrics

Mobil Dinas Baru untuk Presiden Jokowi Beroperasi Januari 2020

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Mobil Dinas Baru untuk Presiden Jokowi Beroperasi Januari 2020
Ilustrasi mobil dinas Presiden Joko Widodo. [ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc].

Mobil dinas Presiden Jokowi merek Mercedes-Benz S 600 Guard.

Suara.com - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) tengah menyiapkan mobil dinas baru untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mobil tersebut bakal selesai produksi pada akhir Desember 2019.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama mengatakan kemungkinan dua unit mobil merek Mercedes-Benz S 600 Guard baru bisa dioperasionalkan pada Januari 2020.

"Mobil Presiden akan selesai produksi di akhir Desember, shipping dan lain-lain. Mungkin Januari (2020) baru bisa operasional," ujar Setya saat dihubungi wartawan, Selasa (29/10/2019).

Selain menyediakan mobil dinas baru untuk Presiden Jokowi, Kemensetneg juga menyiapkan mobil untuk menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Baca Juga: Ketua DPR Papua: Jokowi Bolak-balik Datang Tapi Tak Selesaikan Masalah

Setya mengatakan mobil dinas untuk menteri merek Toyota Crown jenis 2.5 HV G-Executive. Saat ini mobil tersebut sedang dalam pengecekan dan penyelesaian administrasi.

"Sudah, sedang dalam pengecekan dan penyelesaian administrasi," ujar Setya saat dihubungi wartawan.

Setya menuturkan, mobil sedan yang akan digunakan para menteri nantinya akan diserahkan pada pertengahan November 2019. Penyerahan tersebut akan dilakukan secara serentak.

"Kemungkinan pertengahan November, agar bisa bersamaan menyerahkannya," ucap dia.

Meski demikian, Setya tak mempersoalkan jika nantinya ada menteri-menteri yang memilih menggunakan mobil pribadi untuk kendaraan dinas. Namun ia mengimbau para menteri menggunakan kendaraan dinas saat acara kenenegaraan.

Baca Juga: Hunian Korban Gempa Palu Terkendala Lahan, Jokowi: Saya Telepon Menteri ATR

"Tidak apa-apa yang jelas hak mereka untuk dapat fasilitas mobil dinas dari negara sudah dipenuhi. Untuk acara-acara kenegaraan sebaiknya mereka pakai, untuk memudahkan akses, dikenali oleh petugas kemanan," tutur dia.

Komentar