alexametrics

Cara Daftar Ulang SBMPTN UGM, UNY dan Unpad

Rifan Aditya
Cara Daftar Ulang SBMPTN UGM, UNY dan Unpad
Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta - (Antara/Rizky)

Simak langkah-langkah dan cara daftar ulang SBMPTN UGM, UNY dan Unpad.

Suara.com - Hasil kelulusan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bagi para mahasiswa baru telah diumumkan sejak pukul 15.00 WIB pada Jumat, (14/8/2020). Jika dinyatakan lulus, berarti tinggal selangkah lagi Anda masuk ke kampus impian.

Menurut live streaming konferensi pers yang disampaikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahun ini jumlah peserta yang lulus seleksi SBMPTN mencapai 167.653 orang. Lalu, setelah dinyatakan lulus apa yang harus dilakukan?

Tahapan berikutnya yang perlu dilakukan setelah dinyatakan lulus ialah registrasi atau daftar ulang di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dituju. Setiap PTN memiliki kriteria dan persyaratan tersendiri yang harus dipenuhi oleh mahasiswa baru, tak terkecuali bagi tiga PTN favorit di Jawa Barat dan Yogyakarta seperti UGM, UNY dan Unpad.

Jika Anda dinyatakan lulus saat mendaftar di PTN UGM, UNY, dan UNS maka ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan. Berikut persyaratan lengkapnya.

Baca Juga: 83 Peserta Disabilitas Lolos SBMPTN 2020

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Bagi mahasiswa baru UNY yang lulus melalui jalur SBMPTN diwajibkan mengisi data terkait sosial ekonomi untuk menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Pengisian data ini dimulai pada 14-17 Agustus 2020 di situs resmi UNY https://ukt.uny.ac.id/. Apabila calon mahasiswa tidak mengisi data sosial ekonomi maka akan dikenai biaya UKT tertinggi.

Setelah mengisi data, calon mahasiswa akan diinformasikan terkait besaran jumlah UKT yang harus dibayarkan pada 18 Agustus 2020 di situs resmi UNY. Pembayaran UKT bisa dilakukan di Bank BTN, BNI, Mandiri, BPD DIY dengan membawa nomor bukti pendaftaran
SBMPTN 2020.

Selanjutnya, pada tanggal 19-27 Agustus 2020 calon mahasiswa diwajibkan registrasi online di situs registrasi.uny.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran SBMPTN dan membuat pin baru. PIN baru bisa diperoleh jika calon mahasiswa sudah membayar UKT.

Calon mahasiswa akan diminta untuk mengunggah sejumlah dokumen untuk keperluan mencetak Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dengan membawa hasil cetak kartu registrasi. Beberapa dokumen yang harus diunggah ialah:

Baca Juga: Tepergok Main Curang, 510 Peserta SBMPTN Didiskualifikasi

  • Surat Keterangan Sehat dan Tidak Buta Warna
  • Surat Bebas Narkotika
  • Surat Keterangan Patuh Pada Etika UNY yang ditandatangani di atas materai Rp6.000,-.

Jika sudah melalui proses registrasi hingga pembayaran UKT, maka Anda resmi menjadi mahasiswa baru UNY dan tinggal menunggu informasi berikutnya terkait perkuliahan dan lainnya.

Komentar