alexametrics

Astronot Inggris Sebut Lockdown Lebih Membuat Setres daripada Luar Angkasa

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Astronot Inggris Sebut Lockdown Lebih Membuat Setres daripada Luar Angkasa
Ilustrasi astronot di Bulan. [NASA]

Selama lockdown di rumah lebih membuat stres daripada berada di stasiun luar angkasa,

Suara.com - Seorang astronot Inggris mengatakan jika lockdown saat pandemi Covid-19 lebih membuat stres daripada saat ia di luar angkasa.

"Saya sebenarnya berpikir kehidupan selama lockdow di rumah lebih membuat stres daripada berada di stasiun luar angkasa," kata Tim Peake, salah satu Inggris sambil tertawa, disadur dari Daily Mirror, Sabtu (9/10/2020).

"Kami memiliki dua anak laki-laki dari kelompok usia yang berbeda, melakukan hal-hal yang berbeda, dan Anda harus selalu berada di atas semua itu." sambungnya.

Mayor Tim atau lebih nyaman dipanggil Tim, begitu dia senang dipanggil, tentu saja bercanda tentang pendapatnya tersebut.

Baca Juga: Ini Aturan Berpakaian yang Harus Diikuti Keluarga Kerajaan

Tim Peake tahun ini bisa menghabiskan waktu di rumahnya di dekat Guildford, Surrey namun dengan kondisi yang berbeda karena pandemi Covid-19.

Tim yang berusia 48 tahun menikmati hari-harinya dengan Rebecca, sang istri yang bekerja sebagai tentara (47), dan putranya Oliver (12)dan Thomas (8).

Pada 15 Desember 2015, Tim meluncur ke Soyuz Capsule di Kazakhstan, astronot Inggris pertama yang pergi ke ISS bersama Badan Antariksa Eropa.

Tim mengenang saat dia benar-benar akan tersesat di luar angkasa. Sebuah kesalahan berarti komandan Rusia, Yuri Malenchenko, harus secara manual memandu Soyuz ke teluk dok ISS, dengan hanya pandangan terbatas melalui periskop.

Sedikit saja bisa menyebabkan kerusakan mematikan pada ISS atau membuat mereka jatuh ke jurang hitam.

Baca Juga: Kehadiran James Dianggap sebagai Pencurian Terbesar di Liga Premier Inggris

"Itu adalah perasaan yang tidak bisa digambarkan. Dia berjuang tapi kami tidak bisa membantu," kenang Tim. "Kami dapat mendengar banyak pembicaraan dari Pengendali Misi Moskow. Tapi itu semua ada padanya." jelasnya.

Komentar