alexametrics

Museum Pepo-Memo Sedang Dibangun: Pesan Ani ke SBY Saat Masih Sakit

Siswanto
Museum Pepo-Memo Sedang Dibangun: Pesan Ani ke SBY Saat Masih Sakit
Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Museum SBY - Ani [Twitter Khofifah]

Ia mengakui istrinya sangat mencintai Pacitan sehingga sangat bersemangat dengan ide pembangunan museum dan selalu mendorong segera dilaksanakan pembangunannya.

Suara.com - Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY - Ani di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sedang berlangsung. Pembangunan museum ini digagas oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono semasa hidup.

Kemarin, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi museum tersebut untuk melihat kemajuan pembangunannya. 

Melalui akun media sosial, Khofifah mengatakan target penyelesaian pembangunan pada Maret 2020.

"Melihat progress pembangunan Museum SBY - Ani (Pepo & Memo) di Jalan Lingkar Selatan, Pacitan. InsyaAllah, museum dan galeri seni sekitar 7.500 meter persegi ini selesai Maret 2021 mendatang dan akan dibuka bagi masyarakat umum pada tahun 2022. Mohon do'a semoga lancar sukses," kata Khofifah.

Baca Juga: Soal Dalang Aksi UU Ciptaker, Pengamat: PDIP dan PD, Drama Lama Belum Usai

Ketika pemancangan tiang pertama pembangunan museum, mantan Presiden SBY mengatakan pembangunan ini merupakan amanah dari almarhumah istrinya.

“Semasa hidup, Bu Ani berpesan dan sangat mengharapkan dibangun museum di Pacitan,” kata SBY pada 22 Februari 2020.

Ia mengakui istrinya sangat mencintai Pacitan sehingga sangat bersemangat dengan ide pembangunan museum dan selalu mendorong segera dilaksanakan pembangunannya.

“Ketika di rumah sakit Singapura, Ibu Ani bilang ‘Pepo kalau nanti saya sudah sembuh, kita atur nanti pembangunan museum dan galeri itu’. Itu kata-kata almarhumah yang saya ingat sampai kapanpun,” katanya.

Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-Ani, Ossy Dermawan, menjelaskan museum menampilkan sejarah hidup SBY yang dibagi menjadi berbagai tema.

Baca Juga: SBY Dituding Dalangi Demo, Masinton PDIP: Harus Bijak, Jangan Dramatisasi

“Dimulai dari masa kecil dan remaja SBY di Pacitan, hingga terpilih menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat di tahun 2004,” katanya dalam laporan Antara.

Museum tersebut, kata dia, rencananya tidak hanya akan tentang sejarah kehidupan SBY semasa tinggal di Pacitan, tetapi juga perjalanan pendidikan, karir militer, politik-pemerintahan hingga capaian kerja satu dekade pemerintahan (2004-2014).

Tidak itu saja, museum juga dilengkapi dengan galeri seni Ani Yudhoyono yang didedikasikan untuk mengenang warisan dan kontribusi besar Ani Yudhoyono kepada bangsa saat mengabdikan dirinya mengemban tugas sebagai Ibu Negara. 

Komentar