alexametrics

Mengenal Apa Itu BSNP yang Resmi Dibubarkan

Rifan Aditya
Mengenal Apa Itu BSNP yang Resmi Dibubarkan
Badan Standar Nasional Pendidikan atau BSNP (bsnp-indonesia.org)

Untuk mengenal lebih jauh apa itu BSNP, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Suara.com - Kabar terbaru, Badan Standar Nasional Pendidikan atau BSNP dibubarkan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. Hal itu setelah keluarnya Permendikbudristek Nomor 28/2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja. Lalu apa itu BSNP?

Kini, posisi BSNP digantikan oleh Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim telah meneken peraturan tersebut pada tanggal 23 Agustus 2021 lalu. Untuk mengenal lebih jauh apa itu BSNP, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Berbeda dengan BSNP yang merupakan lembaga independen standardisasi pendidikan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan sesuai dengan Pasal 233 di peraturan tersebut bertanggung jawab secara langsung kepada menteri. Meski telah dibubarkan, namun ternyata masih banyak yang penasaran dan ingin tahu apa itu BSNP. 

Apa itu BSNP? 

Baca Juga: CEK FAKTA: Kemendikbud Bagi-bagi Pulsa Rp 250 Ribu dan Kuota 75 GB, Benarkah?

Melansir laman BSNP-Indonesia, Badan Standar Nasional Pendidikan atau BSNP adalah lembaga mandiri, profesional, dan independen yang mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan. Standar yang dikembangkan oleh BSNP berlaku secara efektif dan mengikat semua satuan pendidikan secara nasional. 

BSNP sendiri dipimpin oleh seorang ketua dan seorang sekretaris yang dipilih oleh dan dari anggota atas dasar suara terbanyak. Dalam menjalankan tugasnya, BSNP didukung oleh sebuah sekretariat yang secara ex-officio diketuai oleh seorang pejabat Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) yang ditunjuk oleh Mendiknas. BSNP juga dapat menunjuk tim-tim ahli yang bersifat ad hoc sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, BSNP didukung dan berkoordinasi dengan Depdiknas dan departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama, dan dinas yang menangani pendidikan di provinsi/kabupaten/kota.

Apa Saja Tugas dan Wewenang BSNP

Berikut ini ada beberapa tugas dan wewenang BSNP yang perlu diketahui:

Baca Juga: Pembubaran BSNP Disebut Sebagai Langkah Tepat Percepat Transformasi Pendidikan

  • Mengembangkan Standar Nasional Pendidikan. 
  • Menyelenggarakan ujian nasional. 
  • Memberikan rekomendasi pada Pemerintah dan pemerintah daerah dalam penjaminan, serta pengendalian mutu pendidikan. 
  • Merumuskan kriteria kelulusan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan juga menengah. 
  • Menilai kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan juga kegrafikaan buku teks pelajaran. 

Itulah penjelasan tentang apa itu BSNP yang menarik untuk diketahui. 

Komentar