alexametrics

Gegara Mirip Buronan asal Korea Utara, Pria China Ini Dilaporkan Polisi Lima Kali

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Gegara Mirip Buronan asal Korea Utara, Pria China Ini Dilaporkan Polisi Lima Kali
Zhu Xianjian (kiri) dan pria China yang dianggap mirip.[Weibo]

Pria China itu sempat dilaporkan polisi hingga lima kali dalam seminggu akibat mirip buronan.

Suara.com - Seorang pria di China dilaporkan dan ditangkap polisi sebanyak lima kali dalam seminggu lantaran wajahnya mirip buronan dari Korea Utara.

Menyadur Global Times Kamis (2/12/2021), pria yang tidak diungkapkan identitasnya itu berasal dari kota Baicheng di Provinsi Jilin, China Timur Laut.

Pria itu sempat dilaporkan oleh warga di sekitar tempat tinggalnya ke polisi lima kali dalam tiga hari karena wajah dan ekspresinya yang sangat mirip buronan.

Video yang beredar luas di media sosial menunjukkan pria berjaket biru tua itu memiliki fitur wajah, ekspresi, dan bahkan gaya rambut yang hampir sama persis dengan napi yang bernama Zhu Xianjian, dalam bahas China.

Baca Juga: China Protes Pengeboran dan Latihan Militer Indonesia di Natuna

Zhu Xianjian merupakan seorang napi asal Korea Utara yang melarikan diri pada 18 Oktober, dan telah buron selama lebih dari empat puluh hari.

Pejabat China bahkan menawarkan hadiah 23.000 dolar bagi siapa saja yang mengetahui keberadaan Zhu dan menangkap kembali buronan tersebut.

Sejak saat itu, penduduk kota Baicheng banyak yang mencari siapa saja yang mirip Zhu, salah satunya adalah pria berjaket biru tersebut.

Setelah diperiksa lebih lanjut, pria berjaket biru itu ternyata bukan Zhu, namun pihak berwenang tidak mengungkapkan identitasnya.

Insiden salah tangkap tersebut kemudian menarik perhatian warganet China di platform media sosial Sina Weibo.

Baca Juga: Prabowo dan Menhan China Bertemu secara Virtual, Ini yang Dibahas

Bahkan seorang warganet menyarankan agar pria itu mengenakan kalung kartu identitasnya di lehernya, agar tidak salah tangkap lagi.

Setelah Zhu ditangkap pada Minggu (28/11/2021), warganet memberi selamat kepada pria itu dan mengatakan dia tidak perlu khawatir dilaporkan lagi.

Buronan berusia 39 tahun tersebut dipenjara di China setelah kabur dari Korea Utara. Dia melarikan diri dari penjara di kota Jilin.

Sebuah pernyataan satu baris dari Kepolisian Jilin mengatakan Zhu telah ditangkap sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Komentar