alexametrics

Viral Video Siswa Salat Di Halaman saat Musim Dingin, Sekolah Ini Langsung Minta Maaf

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Viral Video Siswa Salat Di Halaman saat Musim Dingin, Sekolah Ini Langsung Minta Maaf
Sejumlah siswa sekolah di Inggris yang terpaksa salat di luar kelas saat musim dingin.[Facebook via Dailymail]

Video tersebut menunjukkan delapan siswa melakukan salat Jumat di luar ruangan saat musim dingin.

Suara.com - Sebuah sekolah di Inggris minta maaf setelah video sejumlah siswanya salat Jumat di halaman viral di media sosial.

Menyadur Dailly Mail Senin (6/12/2021), Oldham Academy North mengeluarkan permintaan maaf setelah video siswanya salat Jumat di halaman viral di media sosial.

Dalam video tersebut, sekitar delapan siswa terlihat salat di halaman sekolah dan diawasi oleh seorang pegawai.

Setelah selesai salat, para siswa yang masih memakai blazer dan sepatu sekolah tersebut langsung bubar dan kembali ke kelas.

Baca Juga: Ralf Rangnick Senang Taktiknya Berjalan di Manchester United

Tak lama setelah video tersebut beredar, langsung mengundang kontroversi dan banyak yang menyebut jika insiden itu menyedihkan dan menjijikkan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah video itu viral, Oldham Academy North mengeluarkan permintaan maaf dan akan melakukan penyelidikan.

"Kami ingin menyampaikan permintaan maaf yang tulus. Kami bangga dengan keragaman kami dan tidak pernah, dan tidak akan pernah, menghentikan siswa untuk berdoa atau meminta mereka untuk berdoa di luar ruangan," jelas Oldham Academy dalam sebuah pernyataan.

Oldham Academy North kemudian menjelaskan bahwa para siswa tidak dapat salat di dalam ruangan karena rusak akibat direndam banjir.

"Sementara kami selalu berusaha untuk menyediakan fasilitas yang memadai, kami bekerja dengan Forum Antar Agama Oldham dan Dewan Oldham untuk mengatasi kekhawatiran yang disebabkan oleh masalah ini," sambungnya.

Baca Juga: Hasil Bola Tadi Malam: Liga Inggris, Liga Italia hingga Liga Spanyol

"Di The Oldham Academy North, kami menganggap keragaman sebagai kekuatan terbesar. Kami akan selalu melakukan segala daya kami untuk memastikan siswa, staf, dan komunitas kami diberi kesempatan terbaik dalam hidupnya," sambungnya.

Seorang alumni sekolah tersebut mengatakan kepada The Oldham Times bahwa para siswa itu sedang salat Jumat lalu di sebuah kelas. Tiba-tiba seorang staf sekolah datang menegur mereka dan memintanya untuk pergi.

Para murid tidak punya pilihan lain selain melakukan salat dalam cuaca dingin karena sekolah tidak menyediakan ruang salat yang layak.

Asian Image melaporkan jika seorang siswa yang ada di video tersebut mengatakan jika seorang guru marah ketika mereka salat di kelas.

"Kami sedang salat Jumat dan seorang guru tiba-tiba masuk dan memberi tahu kami bahwa kami tidak diizinkan untuk salat di ruangan itu," jelas siswa tersebut.

Para tokoh Muslim di sekitar sekolah tersebut sejak itu berjanji akan bekerja lebih erat untuk mencegah insiden serupa terjadi lagi.

"Ketika kami diberitahu tentang masalah di Akademi Oldham Utara, kami bertindak cepat dan berbicara dengan sekolah untuk memahami apa yang telah terjadi," jelas Ketua Dewan Oldham Arooj Shah.

"Setelah berbicara dengan para pemimpin sekolah, saya senang mereka telah meminta maaf kepada mereka yang terkena dampak dan akan menulis surat kepada orang tua untuk menjelaskannya," sambungnya.

Arooj Shah mengatakan jika Oldham adalah wilayah yang beragam dan tahu bahwa Oldham Academy North adalah salah satu sekolah yang cukup kuat.

"Kami akan melanjutkan pembicaraan dengan pihak sekolah seputar masalah ini untuk menyelidiki situasi dengan benar," jelas Arooj Shah.

Pejabat Pengembangan Dewan Masjid Oldham, Mufti Helal Mahmood, mengatakan: "Kami akan bekerja sama dengan Oldham Academy North untuk memastikan insiden seperti ini dapat dihindari di masa depan."

Komentar