facebook

Polri Jangan Buru-buru Gonta-ganti Warna Seragam Satpam, Nanti Dikritik Malah Ganti Lagi

Agung Sandy Lesmana | Novian Ardiansyah
Polri Jangan Buru-buru Gonta-ganti Warna Seragam Satpam, Nanti Dikritik Malah Ganti Lagi
Seragam baru Satpam. Polri Jangan Buru-buru Gonta-ganti Warna Seragam Satpam, Nanti Ada Kritik Malah Ganti Lagi. [Dok.Antara]

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," katanya.

Suara.com - Polri kembali mengganti warna seragam satuan pengamanan atau satpam, dari sebelumnya putih lalu ke cokelat, kini menjadi krem. Menanggapi itu, Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat, Santoso meminta Polri tidak buru-buru. Pasalnya, penggantian warna seragam satpam dari putih ke cokelat dilakukan belum lama ini.

Santoso khawatir apabila penggantian dilakukan dalam jangka waktu dekat, hal yang sama akan terus berulang di kemudian hari.

"Jangan buru-buru ambil keputusan warna apa yang akan digunakan utnuk satpam. Nanti begitu ada kritikan diganti lagi," kata Santoso kepada wartawan, Kamis (13/1/2022).

Santoso juga mengingatkan Polri agar kebijakan mengganti warna seragam satpam itu tidak sampai membebani masyarakat maupun duni usaha. Sebab dengan penggantian warna, otomatis mereka harus membeli dan menyediakan seragam baru untuk satpam. 

Baca Juga: Sempat Picu Perdebatan Hingga Bikin Bingung, Seragam Satpam Bakal Ganti Warna Jadi Krem

"Jangan bebani masyarakat dan dunia usaha dengan pembelian seragam satpam yang baru digunakan, pandemi Covid 19 ini menyebabkan masyarakat kesulitan dalam hal ekonomi," ujarnya.

Diketahui, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan kembali mengubah warna seragam Satuan Pengamanan atau Satpam. Padahal, seragam saat ini belum lama diubah dari warna dasar sebelumnya yakni putih.

Entah kenapa, baru sekarang dibilang mirip polisi dan disebut bikin bingung masyarakat. Padahal, saat seragam warna cokelat dirilis beberapa bulan lalu, banyak yang bilang, terutama para warganet, seragam Satpam dengan warna cokelat memang mirip baju dinas polisi.

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Menurut Ramadhan, saat ini Polri masih melakukan pengkajian. Seragam Satpam dengan warna cokelat muda ini rencananya akan diubah menjadi krem.

Baca Juga: Seragam Satpam Kini Berwarna Krem, Diperkenalkan Pada Hari Spesial

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," katanya.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," imbuhnya.

Sebelumnya, pada tahun 2020 Kapolri Jenderal Idham Azis mengubah seragam Satpam menjadi warna cokelat muda. Sejak awal keputusan ini diambil telah mendapat banyak tanggapan dari masyarakat lantaran dinilai mirip dengan seragam polisi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar