facebook

Doa Qunut Ada Berapa Jenis? Simak Beberapa Doa Qunut beserta Cara Membacanya

Rifan Aditya
Doa Qunut Ada Berapa Jenis? Simak Beberapa Doa Qunut beserta Cara Membacanya
Doa Qunut Ada Berapa Jenis? Simak Beberapa Doa Qunut beserta Cara Membacanya - Ilustrasi salat, sholat, shalat, wanita muslim (elemen envato)

Doa qunut ada berapa jenis? Simak ulasan 3 bacaan doa qunut lengkap dengan terjemah dan tata cara membacanya dalam artikel ini.

Suara.com - Tahukah kalian doa qunut ada berapa jenis? Mendirikan amalan sunnah merupakan salah satu anjuran oleh Rasulullah SAW, mendirikan amalan sunnah bertujuan untuk melengkapi amalan wajib yang sudah kita dirikan. Doa Qunut menjadi salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan.

Dalam ajaran Islam, doa Qunut terbagi menjadi beberapa jenis, hal tersebut terbagi berdasarkan waktu pelaksanaannya. Artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian doa qunut ada berapa jenis dan bagaimana bacanaannya. Simak ulasan lengkapnya di bawah!

Bacaan Doa Qunut

Menyadur pada laman NU Online, Qunut adalah doa yang memiliki hukum sunnah dan dilakukan setelah mendirikan sholat subuh. Aturan dan anjuran yang menjelaskan tentang doa qunut berasal dari para ulama mahzab Syafi’I dan Maliki.

Baca Juga: Doa Qunut Nazilah: Bacaan Latin, Tata Cara dan Keutamaannya saat Bencana dan Wabah

Sesuai dengan hadits riwayat Anas Bin Malik yang artinya: "Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada sholat subuh sampai beliau meninggalkan dunia," (HR. Ahmad).

Jenis Doa Qunut

Lalu, doa qunut ada berapa jenis? Setidaknya ada 3 jenis doa qunut yang perlu kalian ketahui, yaitu doa qunut subuh, doa qunut nazilah dan doa qunut witir.

Cara baca doa qunut tersebut pun memiliki aturannya masing-masing. Agar lebih jelas, simak penjelasan berikut. 

1. Doa Qunut Shubuh

Baca Juga: Masya Allah Keutamaan Baca Doa Qunut saat Sholat Subuh, Bisa Punya Tubuh Sehat karena Terhindar dari Penyakit

"Allahummahdini fii man hadait, wa ‘aafini fii man ‘aafait, wa tawallanii fii man tawallait, wa baariklii fii maa a‘thait, wa qinii syarra maa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaik, wa innahuu laa yazillu man waalait, wa laa ya‘izzu man ‘aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta‘aalait, fa lakal hamdu a’laa maa qadhait, wa astagfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam."

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar