facebook

Polisi dan Tentara Arab Saudi Mulai Jaga Sekitar Padang Arafah

Pebriansyah Ariefana
Polisi dan Tentara Arab Saudi Mulai Jaga Sekitar Padang Arafah
Jemaah haji mulai tiba di Arafah, Arab Saudi [Dok: MCH 2022]

Menurut pantauan di lokasi, sejumlah kendaran terpaksa diputar balik karena tidak memiliki izin masuk kawasan padang Arafah.

Suara.com - Kepolisian dan tentara Arab Saudi mulai jaga sekitar Padang Arafah. Mereka memeriksa kendaraan secara berlapis jelang puncak haji atau wukuf Jumat (8/7/2022) besok.

Menurut pantauan di lokasi, sejumlah kendaran terpaksa diputar balik karena tidak memiliki izin masuk kawasan padang Arafah.

Ketatnya penjagaan ini dirasakan langsung jurnalis yang tergabung dalam Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama saat akan masuk Arafah, Rabu (6/7/2022) tengah malam.

Bus besar yang ditumpangi tim MCH bersama petugas dari Satgas Arafah bahkan harus diputar beberapa kali oleh petugas.

Baca Juga: Ungkit Koruptor Bansos saat Komentari Pencabutan Izin ACT, Junimart PDIP Skakmat Fadli Zon: Sebelum Bicara Dipikir Dulu!

Perjalanan dari hotel di Mekkah yang mestinya ditempuh hanya sekitar 30 menit akhirnya sempat mengalami keterlambatan hingga 1 jam.

Dikutip dari TimesIndonesia (Jaringan Suara.com), hari ini atau H-1 wukuf, pemeriksaan akan lebih ketat lagi karena mayoritas jamaah haji dari berbagai negara akan masuk Arafah.

Pengetatan pada Rabu malam hingga dini hari tadi bahkan jauh berbeda dengan dua hari sebelumnya.

Pada Senin (4/7/2022), MCH Kemenag RI bersama sejumlah petugas Satgas Arafah telah mendatangi kawasan untuk melihat kesiapan tenda dan fasilitas untuk wukuf.

Ketika itu, jalan sudah sebagian ditutup, namun tidak sempat membuat kendaraan berputar jauh.

Baca Juga: Profil Siti Nur Azizah Ma'ruf, Putri Wapres yang Kabarnya Punya Biro Haji Furoda Tanpa Antre

"Malam ini sudah tampak lebih ketat, banyak jalur dialihkan sampai sopir bingung mencari maktab-maktab Indonesia," ujar Nur Hasan, salah satu petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang sudah 26 tahun tinggal di Mekkah.

Komentar