Bakal Dilarang Pulang Malam, Ini 3 Transportasi Aman Bagi Perempuan

RR Ukirsari Manggalani | Dini Afrianti Efendi
Bakal Dilarang Pulang Malam, Ini 3 Transportasi Aman Bagi Perempuan
Kendaraan bermotor terjebak kemacetan di Jalan MT Haryono, Jakarta, Selasa (2/4). [Suara.com/Arief Hermawan P]

Berikut adalah tiga pilihan kendaraan umum bagi kaum perempuan agar tidak dikenai pasal KUHP yang tengah dirancang.

Suara.com - Setelah kisruh Undang-Undang KPK, masyarakat kembali dihebohkan dengan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang dinilai memiliki sejumlah pasal kontroversial.

Salah satu pasal ini berbunyi, "Perempuan yang bekerja dan harus pulang malam terlunta-lunta di jalan dikenakan denda Rp 1 juta". Ini artinya perempuan yang kedapatan masih di jalan, di mall, nonton bioskop akan dikenakan sanksi jika melebihi batas waktu yang ditentukan.

Mengingat transportasi umum di Jakarta dan di beberapa daerah terbatas jam operasionalnya, kaum perempuan mesti tahu jam operasional transportasi umum yang ada, khususnya jam terakhir seperti KRL, Transjakarta, hingga MRT.

Berikut adalah daftar tiga (3) jenis transportasi aman bagi kaum Hawa:

1. Kereta Commuterline (KRL)

Transportasi satu ini banyak diminati masyarakat yang tinggal di kota penyangga ibukota Jakarta seperti Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Depok. Mereka biasa menggunakan KRL untuk bekerja di  Ibu Kota.

KRL di Bogor sempat berhenti di tengah perjalanan. [Suara.com/Rambiga]
KRL di Bogor sempat berhenti di tengah perjalanan. [Suara.com/Rambiga]

Jam operasional KRL paling malam, pemberangkatan Jakarta Kota menuju Bogor terakhir adalah pukul 23.45 WIB. Sedangkan dari Jatinegara menuju Bogor terakhir pukul 23.00 WIB, sebaliknya Bogor menuju Jakarta Kota pukul 21.47 WIB, Bogor menuju Jatinegara terakhir pukul 20.10 WIB.

Sedangkan kereta terakhir dari Jakarta Kota menuju Bekasi pukul 23.35 WIB, sebaliknya Bekasi menuju Jakarta Kota terakhir pukul 22.15 WIB. Untuk Cikarang menuju Jakarta Kota pukul 20.52 WIB dan Jakarta Kota tetakhir menuku Cikarang pukul 18.43 WIB.

Tanah Abang menuju Serpong dengan kereta terakhir pukul 20.50 WIB, Tanah Abang menuju Parung Panjang terakhir pukul 23.30 WIB. Sedangkan Tanah Abang menuju Maja terakhir pukul 21.15. Lalu Tanah Abang menuju Rangkasbitung pukul 21.45 WIB.

Kereta terakhir dari Jakarta Kota menuju Tanjung Priok pukul 18.25 WIB. Sebaliknya, dari Tanjung Priok menuju Jakarta Kota terakhir pukul 19.10 WIB. Sedangkan kereta terakhir dari Jakarta Kota menuju Kampung Bandan pukul 21.55 WIB, sebaliknya dari Kampung Bandan menuju Jakarta Kota terakhir pukul 22.30 WIB.

2. MRT Jakarta

Jenis transportasi ini terbilang baru di Jakarta baru, MRT baru memiliki satu jalur utama yaitu Bundaran HI menuju Lebak Bulus dengan jadwal pemberangkatan terakhir pukul 23.31 WIB. Sebaliknya dari Lebak Bulus menuju Bundaran HI pemberangkatan terakhir MRT pukul 23.12 WIB.

Suasana di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis (6/6).  [ANTARA FOTO/Galih Pradipta]
Suasana di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis (6/6). [ANTARA FOTO/Galih Pradipta]

3. Transjakarta

Sistem transportasi berbasis Bus Rapid Transit (BRT) ini telah ada di Indonesia sejak 2004. Transjakarta juga jadi salah satu transportasi umum yang cukup diminati, bus yang terbilang aman dan nyaman ini dilengkapi dengan area khusus perempuan, agar menjaga kenyamanan dengan tidak berdiri atau duduk bersebelahan dengan kaum lelaki saat situasi penumpang sedang padat.

Bus Trans Jakarta menaikkan dan menurunkan penumpang di Halte Masjid Agung, Jakarta Selatan, Jumat (13/9). [Suara.com/ Angga Budhiyanto]
Bus Trans Jakarta menaikkan dan menurunkan penumpang di Halte Masjid Agung, Jakarta Selatan, Jumat (13/9). [Suara.com/ Angga Budhiyanto]

Sayangnya, transportasi ini memiliki pemberangkatan terakhir menuju kota-kota penyangga pukul 22.00 WIB dari shelter asal. Beruntung ada Transjakarta yang sudah beroperasi 24 jam, namun hanya untuk jalur-jalur utama dengan kode bus bernomer tunggal seperti koridor 1 Kota-Blok M, koridor 2 Harmoni- Pulo Gadung 1, dan seterusnya.

Sedangkan koridor dengan embel-embel huruf seperti koridor 6M Stasiun Manggarai menuju Blok M pemberangkatan pukul 22.00 WIB. Koridor B23 Bekasi Timur menuju Tebet terakhir juga pukul 22.00 WIB.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS