Ngabubutips, Bersihkan Karburator Cukup Dengan 5 Langkah Ini

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
Ngabubutips, Bersihkan Karburator Cukup Dengan 5 Langkah Ini
Honda BeAT karburator (bukapalak)

Buat para pengguna motor berkaburator, bisa dicoba di rumah nih

Suara.com - Pengguna motor zaman now memang sudah jarang menggunakan motor yang menggunakan sistem pembakaran karburator. Kebanyakan mereka menggunakan motor dengan sistem injeksi.

Merawat motor dengan menggunakan pengapian karburator memang tidak mudah, namun tidak sulit juga. Intinya pemilik motor harus rajin-rajin membersihkannya.

Jika jarang membersihkannya, bisa-bisa motor akan mogok. Lalu bagaiman acara yang aman untuk membersihkan karburator motor yang tepat?

Berikut 5 langkah yang bisa kalian lakukan agar motor dengan pengapian karburator tetap terawat seperti dilansir dari Suzuki Indonesia.

1. Melepas Karburator

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni melepas karburator dari dudukan. Tapi tetap hati-hati ketika akan melepasnya, jangan terburu-buru.

2. Buka Mangkuk Karburator

Cara melepas mangkuk karburator yakni dengan melepas baut-baut yang mengait. Lalu kemudian membersihkan endapan atau kotoran yang ada secara perlahan, bisa menggunakan kuas ataupun membilas dengan bensin.

3. Bersihkan Pilot Jet, Main Jet, dan Needle Jet

Sebelumnya lepaskan dulu pilot jet, main jet, dan needle jet. Setelah itu bersihkan dengan cara ditiup. Bisa juga manfaatkan kompresor dibanding meniup manual.

Namun perlakukan berbeda ada pada main jet. Kalian harus bersihkan secara hati-hati dan perlahan menggunakan kuas yang telah diberi bensin. Kemudian baru disemprot pakai kompresor.

4. Bersihkan Spuyer Karburator

Cara membersihkannya pun bagian ini harus hati-hati, tak boleh asal-asalan. Jangan sampai diameter dari bagian ini berubah karena bisa memengaruhi kinerja motor.

Gunakanlah amplas halus kemudian bersihkan kotoran yang menempel secara perlahan.

5. Rakit Kembali Karburator

Cara terakhir yakni merakit kembali bagian-bagian tadi dan memasangnya di sepeda motor. Lalu setel campuran bahan bakar dengan mengatur ketinggian pelampung mesin dengan memakai jangka sorong.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS