alexametrics

Mengenal Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mengenal Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid
Ilustrasi mobil listrik (Shutterstock).

Ada murni mobil listrik, ada pula mobil hybrid. Ini letak perbedaannya.

Suara.com - Nama mobil listrik dan hybrid belakangan semakin ramai menjadi perbincangan di dunia otomotif. Disebut sebagai Electric Vehicle (EV), terdapat istilah seperti BEV (EV dengan baterai) dan PHEV (EV dengan plug-in hybrid). Nah, apakah kedua jenis memiliki perbedaan, di sini ada uraiannya masing-masing.

Dikutip dari laman Auto2000, meski tujuannya serupa yaitu menghasilkan tenaga non-Bahan Bakar Minyak Bumi atau non-BBM, ada perbedaan antara mobil listrik dan hybrid yang wajib diketahui.

Berikut adalah tinjauan seputar mobil listrik dan mobil hybrid:

Stasiun pengisian ulang baterai mobil (Shutterstock).
Stasiun pengisian ulang baterai mobil listrik. Sebagai ilustrasi (Shutterstock).

Mobil listrik

Baca Juga: Sebar Teaser, Nissan LEAF Siap Masuk Indonesia?

  • Ide pembuatan mobil listrik sudah muncul sejak abad ke-19. Namun realisasi ide ini hingga menjadi produk yang dapat digunakan oleh masyarakat luas memakan waktu sangat lama.
  • Bahkan hingga saat ini pun, mobil listrik belum dapat dinikmati seluruh kalangan. Tidak hanya soal harga semata, namun infrastruktur untuk mengisi daya dari mobil listrik ini.
  • Mobil listrik menjadi populer karena bebas emisi gas buang. Kendaraan jenis ini tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM) sebagai sumber tenaga.
  • Gantinya adalah tenaga listrik yang berfungsi sebagai sumber tenaga utama, serta baterai sebagai sumber tenaga cadangan.
  • Perlu diingat, semakin tinggi kecepatan mobil, maka semakin tinggi pula konsumsi sumber tenaganya. Mobil akan lebih cepat kehabisan daya jika dipacu dalam kecepatan tinggi terus-menerus.

Toyota Prius, salah satu mobil hybrid paling terkenal. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Toyota Prius, salah satu mobil hybrid paling terkenal. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Mobil hybrid

  • Mobil hybrid baru diproduksi massal pada 1997. Produk ini belakangan kembali populer. Jika mobil listrik mengandalkan sumber tenaga eksternal (listrik), maka sumber tenaga hybrid berasal dari dalam mesin.
  • Hybrid mendapatkan sumber tenaga dari proses pengolahan sisa putaran bahan bakar mobil ditambah energi dari motor listrik.
  • Meski masih memanfaatkan proses pembakaran di dalam mesin sebagai sumber tenaga penggerak, hybrid disebutkan mampu mengurangi polusi udara.

Komentar