facebook

Dorong Penggunaan Kendaraan Terelektrifikasi Secara Masif, Kemenhub Gelar Touring Mobil Listrik

RR Ukirsari Manggalani
Dorong Penggunaan Kendaraan Terelektrifikasi Secara Masif, Kemenhub Gelar Touring Mobil Listrik
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) saat memberikan sambutan dalam acara pelepasan keberangkatan peserta touring mobil listrik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (17/1) (Kementerian Perhubungan)

Touring mobil listrik ini menempuh rute dari Jawa ke Sumatera, start di Jakarta dan finish di Jambi.

Suara.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar kegiatan Touring Mobil Listrik dari Jakarta menuju Jambi untuk mendorong penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan secara masif.

Dikutip dari kantor berita Antara, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan peserta touring yang start di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Turut hadir dalam kegiatan pelepasan Touring Mobil Listrik ini adalah Sekretaris Jenderal Djoko Sasono, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Firman Santyabudi, dan Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Mobil listrik Hyundai Ioniq menjadi kendaraan dinas Menhub Budi Karya Sumadi dengan nomor polisi RI 35. [Antara]
Mobil listrik Hyundai Ioniq menjadi kendaraan dinas Menhub Budi Karya Sumadi dengan nomor polisi RI 35. [Antara]

"Untuk menjadikan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai ini lebih masif, tentunya dibutuhkan suatu kampanye. Kegiatan touring ini menjadi simbol bahwa kami selalu konsisten untuk mewujudkan hal itu," jelas Menteri Perhubungan dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Sampaikan Pidato di UMM, Menteri BUMN Sebut Soal Baterai Kendaraan Listrik

Disebutkan oleh Budi Karya Sumadi, bahwa permasalahan lingkungan seperti pemanasan global, efek gas rumah kaca, dan emisi karbon, mengharuskan semua pihak melakukan upaya penanganan yang serius.

"Oleh karena itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo kita mulai menggunakan kendaraan dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan," tandas Menteri Perhubungan.

Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa kegiatan kampanye penggunaan kendaraan ramah lingkungan saat ini adalah momentum yang tepat.

Yaitu saat tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan internasional G20, yang memiliki agenda penciptaan pembangunan berkelanjutan dan kelestarian lingkungan lebih baik di masa depan.

"Juga bertepatan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang diselenggarakan di Jambi pada Rabu (19/1/2022), di mana Kemenhub bertindak sebagai campaign manager," imbuh Menteri Perhubungan.

Baca Juga: Brand Tuan Rumah Dominasi Pasar Mobil Listrik China, Apa Kabar Merek Asing?

Ia berharap momentum Presidensi Indonesia pada G20 dan Gerakan Nasional BBI, dapat lebih memasifkan kampanye penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Pelaksanaan Touring Mobil Listrik Jakarta-Jambi Tahun 2022 diikuti 11 unit kendaraan listrik yang terdiri dari:

  • 1 unit mobil listrik Nissan LEAF
  • 1 unit mobil listrik DFSK Gelora EV
  • 1 unit mobil listrik Hyundai Ioniq
  • 8 unit mobil listrik operasional Kemenhub
  • 2 unit mobil service (nonlistrik)
  • 4 unit kendaraan servis dan pendamping.

Jarak Jakarta – Jambi ditempuh sekitar 826 km, dengan estimasi perjalanan selama dua hari. Diperkirakan para peserta sampai di Jambi pada Rabu (19/1/2022). Di sana Menteri Perhubungan akan menyambut di garis finish.

Dalam perjalanan touring, tim mobil listrik ini akan berhenti di sejumlah lokasi charging kendaraan atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang didukung PT PLN Persero.

Pada setiap titiknya, juga akan dilakukan kegiatan sosialisasi percepatan kendaraan listrik bersama dengan sejumlah pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar