facebook

Menperin Dorong Mitsubishi Percepat Produksi Mobil Listrik Kecil di Indonesia

Liberty Jemadu
Menperin Dorong Mitsubishi Percepat Produksi Mobil Listrik Kecil di Indonesia
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam kunjungan ke Jepang Senin (27/6/2022) meminta Mitsubishi memproduksi key car, mobil kecil bertenaga listrik di Indonesia. Foto: Mobil listrik Mitsubishi Minicab MiEV. (Dok. Mitsubishi)

Menteri Agus meminta Mitsubishi memproduksi key car, mobil kecil bertenaga listrik di Indonesia.

Suara.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong Mitsubishi untuk mempercepat produksi mobil listrik berbasis baterai yang berukuran kecil atau key car di Indonesia.

Hal ini disampaikan Agus saat bertandang ke Mitsubishi Motors Okazaki Plant, Jepang, Senin (27/6/2022) saat membahas soal komitmen perusahaan asal Jepang itu untuk menjadikan Indonesia basis produksi dan menambah investasi dalam beberapa tahun ke depan.

"Kami juga terus mendorong Mitsubishi agar dapat memproduksi kendaraan KBLBB di Indonesia dengan penggunaan ukuran baterai yang lebih kecil (key car) menggunakan baterai 20 kWH dan driving range 170 kilometer," kata Agus seperti dilansir dari Antara.

Menteri Agus menekankan bahwa pihaknya telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 36 Tahun 2021 mengenai Kendaraan Emisi Karbon Rendah, yang di antaranya mengatur teknologi kendaraan jenis hybrid dan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai yang akan mempermudah pengembangan key car di Tanah Air.

Baca Juga: Menperin: Mitsubishi Jadikan Australia Target Ekspor

Pada pertemuan dengan jajaran Mitsubishi Motor Corporation yang dipimpin CEO MMC Takao Kato, Menperin juga membahas tentang peningkatan penggunaan komponen lokal Indonesia, khususnya dari industri kecil dan menengah (IKM) pada proses produksi kendaraan Mitsubishi.

"Komponen otomotif produksi Indonesia telah mampu memenuhi spesifikasi, standar, dan kualitas dari pabrikan Jepang. Kami juga optimistis para pelaku IKM komponen otomotif di Tanah Air akan mampu menjadi bagian dari supply chain industri otomotif Jepang," ujar dia.

Di Okazaki Plant, Menperin sempat menjajal beberapa kendaraan listrik Mitsubishi dengan teknologi battery electric vehicle dan plug-in hybrid electric vehicle, seperti Minicab MiEV 2WD dan Mitsubishi eK X EV yang dibekali dengan baterai 20 kWh dengan jarak tempuh 180 kilometer. [Antara]

Komentar