IBL All Star Jadi Ajang Uji Coba Timnas Jelang Kualifikasi Asia

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
IBL All Star Jadi Ajang Uji Coba Timnas Jelang Kualifikasi Asia
Peluncuran logo dan rooster Timnas basket Indonesia untuk gelaran Indonesian Basketball League (IBL) 2020 di Tokopedia Tower, Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2020). (Suara.com / Arief Apriadi)

Timnas Indonesia akan memainkan dua laga kandang, menghadapi Korea Selatan dan Filipina.

Suara.com - Timnas basket Indonesia menjadikan IBL All Star 2020 sebagai ajang uji coba jelang mengikuti Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 yang akan berlangsung pada 20-23 Februari mendatang.

Pada gelaran IBL All Star 2020, Timnas Indonesia yang menggunakan nama Indonesia Patriots akan menghadapi tim yang berisikan para pemain favorit pilihan penggemar.

"Kami menggunakan game ini sebagai bagian persiapan menghadapi Kualifikasi FIBA Asia 2021," ujar pelatih Timnas Indonesia Rajko Toroman dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Sabtu (9/2/2020).

"Laga pertama akan digelar 20 Februari," tambah mantan pelatih Timnas basket Filipina.

Pada tahap pertama Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Timnas Indonesia akan memainkan dua laga kandang, menghadapi Korea Selatan dan Filipina di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta utara.

Di pertandingan pertama, skuat asuhan Rajko Toroman akan lebih dulu menjajal kekautan Korea Selatan.

Tiga hari berselang, tim Merah Putih baru akan berjumpa The Gilas--julukan Timnas basket Filipina.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 menjadi ajang penting bagi Timnas Indonesia yang tengah berjuang untuk bisa tampil di FIBA World Cup 2023 mendatang.

Indonesia tak mendapat tiket lolos otomatis ke FIBA World Cup 2023 kendati berstatus sebagai tuan rumah, bersama Filipina dan Jepang.

Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) menilai kekuatan Timnas Indonesia harus lebih dulu ditingkatkan sebelum tampil di ajang besar tersebut.

Sebelum dipersilahkan lolos ke FIBA World Cup 2023, FIBA memberi tantangan bagi Indonesia untuk bisa lolos dan finis di 10 besar FIBA Asia Cup 2021.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS