PASI Tunjuk Paman Mendikbud Nadiem Makarim Jadi Plt Ketum

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
PASI Tunjuk Paman Mendikbud Nadiem Makarim Jadi Plt Ketum
Mayjen (Purn) Zacky Anwar Makarim ditunjuk menjadi Plt Ketua Umum PB PASI. [Humas PASI]

Zacky Anwar Makarim disetujui jadi Plt Ketum PB PASI menggantikan Bob Hasan yang meninggal 31 Maret lalu.

Suara.com - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menunjuk Mayjen (Purn) Zacky Anwar Makarim sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum, menggantikan mendiang Bob Hasan yang meninggal 31 Maret lalu.

Penunjukan Zacky Anwar Makarim sebagai Plt Ketum telah disetujui oleh seluruh Pengurus Provinsi PASI dalam rapat virtual yang dipimpin Sekjen PB PASI Tigor Tanjung, Kamis (2/7/2020).

Zacky Anwar Makarim yang selama ini menjabat sebagai ketua bidang organisasi PB PASI dianggap sosok yang tepat dan layak mengemban jabatan Plt Ketum PB PASI hingga kepengurusan 2016-2020 berakhir.

Salah satu pertimbangan PB PASI cepat-cepat menunjuk Plt Ketua Umum adalah demi menghadirkan sosok pemimpin yang dapat menyelesaikan urusan eksternal federasi.

Seperti menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait anggaran pemusatan latihan nasional (Pelatnas).

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), diketahui tetap siap sedia menggelontorkan dana pelatnas untuk persiapan Olimpiade 2020 Tokyo kendati Indonesia tengah dihantam pandemi Covid-19.

"Untuk mengantisipasi kegiatan yang bersifat eksternal seperti MOU dengan kemenpora untuk dana pelatnas tersebut, maka dibutuhkan figur seorang ketua umum atau setidaknya PLT ketua umum," ujar Tigor dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Kamis (2/7/2020).

Zacky dalam sambutannya mengaku berterima kasih karena telah dipercayai mandat untuk memimpin PB PASI setidaknya hingga Desember 2020 mendatang. Mantan kepala BAIS TNI itu berjanji akan melaksanakan tugas dengan baik hingga masa jabatannya berakhir.

"Tapi saya yakin, kita semua akan berjuang bersama membesarkan atletik Indonesia, induk dari seluruh cabang olahraga ini, salam Olahraga," kata Zacky yang tak lain paman dari Mendikbud Nadiem Makarim.

Rencananya, PB PASI akan menggelar kongres untuk menentukan ketua umum dan pengurus baru periode 2020-2024 pada Desember 2020 mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS