alexametrics

Lepas Kontingen DKI Jakarta, Anies Baswedan: Rebut Gelar Juara Umum PON Papua

Syaiful Rachman | Fakhri Fuadi Muflih
Lepas Kontingen DKI Jakarta, Anies Baswedan: Rebut Gelar Juara Umum PON Papua
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau vaksinasi bagi pekerja WNA di Balai Kota Jakarta, Selasa (24/6/2021). [Suara.com/Fakhri Fuadi Muflih]

Pelepasan Kontingen DKI Jakarta ke PON Papua digelar di Balai Kota.

Suara.com - Gubernur Anies Baswedan secara simbolis melepas keberangkatan kontingen DKI Jakarta yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang akan dihelat pada 2-15 Oktober 2021 mendatang. Acara pelepasan yang digelar di Balai Kota DKI Jakarta itu dihadiri para atlet, pelatih dan official tim.

Anies pun memberikan target kepada kontingen untuk merebut kembali juara umum PON kali ini. Terlebih lagi, pada PON XIX Jabar 2016, DKI hanya meraih peringkat ketiga dari perolehan jumlah medali.

Padahal, pada kompetisi PON XVIII di Riau, Jakarta sukses meraih juara umum.

"Kalau kita melihat statistiknya, perolehan DKI Jakarta di tahun-tahun sebelumnya, kita biasa berada di papan atas, hanya 2016 saja kita kemarin belum juara umum. Bahkan, pada tahun 2012 kita mampu meraihnya," ujar Anies, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Jelang PON XX Papua, Atlet Panjat Tebing Aries Susanti Siap Persembahkan Emas untuk Jateng

"Insya Allah, pada PON kali ini, kita akan berhasil kembali sebagai juara umum. Hal ini karena, DKI Jakarta dari 20 kali PON, Jakarta 11 kali mampu raih juara umum, dan Insya Allah, habis ini 12 kali juara umum," tambah Anies.

Lebih lanjut, Anies menyebut persiapan atlet DKI Jakarta telah matang dari segi fisik dan mental. Sehingga, sangat besar harapan disematkan kepada para atlet, agar kembali meraih kejayaan pada PON di Papua nanti.

"Maka, izinkan saya menyampaikan bahwa ini bukan sekadar harapan dari pemerintah, tapi harapan kebanggaan dari seluruh warga Jakarta," jelasnya.

Anies turut berpesan kepada seluruh atlet DKI Jakarta segala kebiasaan hidup disiplin harus dipertahankan. Hal ini dinilai akan berpengaruh terhadap konsentrasi dan fokus pada setiap pertandingan.

Ia juga berharap, atlet bisa mengurangi komunikasi maupun aktivitas yang bisa mengganggu, dan harus meningkatkan konsentrasi pada setiap jadwal pertandingan.

Baca Juga: PON Papua: Anies Lepas Kontingen DKI Jakarta di Balai Kota

"Dalam hal ini, kalau kita tergeser saja sedikit fokusnya, bisa berdampak kepada prestasi, bisa berdampak kepada semua ikhtiar yang sudah dilakukan. Jadi, saya berharap kepada semua, pastikan fokus dan bisa mendapatkan hasil yang membanggakan," pungkasnya.

Total jumlah atlet di DKI Jakarta yang akan mengikuti 37 cabang olahraga pada PON ke-20 Papua sebanyak 735 orang. Jika ditambahkan dengan official dan pelatih, jumlah total kontingen yang berangkat ke Papua adalah 1.350 orang.

Kegiatan pelepasan kontingen DKI Jakarta ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria; Ketua KONI Provinsi DKI Jakarta Djamhuron, P. Wibowo dan jajaran; Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, M. Taufik; serta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus.

Komentar