alexametrics

PON Papua: Sabet Emas Anggar, Aceh Ukir Sejarah

Syaiful Rachman
PON Papua: Sabet Emas Anggar, Aceh Ukir Sejarah
Pertandingan final cabang olahraga anggar antara Aceh (kanan) melawan Riau (kiri) dalam ajang PON XX Papua di Gedung Serbaguna Gereja St Yoseph, Merauke, Jumat (8/10/2021). ANTARA/Yogi Rachman

Sejak PON 2004, Aceh belum pernah memenangi medali emas.

Suara.com - Kontingen Aceh berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali emas cabang olahraga anggar kategori floret beregu putra setelah mengalahkan Riau dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Manajer tim anggar Aceh, Husaini, mengatakan bahwa perolehan medali emas itu menjadi yang pertama kalinya sejak PON Sumatera Selatan tahun 2004.

"Kita sudah lama sekali sebenarnya menguasai jenis senjata floret dari zaman senior-senior mereka dahulu. Sudah lama atlet kita itu sudah tidak ada lagi karena terkena tsunami dahulu. Jadi kita butuh waktu panjang untuk membina mereka kembali meraih prestasi hari ini," kata Husaini saat ditemui di Gedung Serbaguna Gereja St Yoseph, Merauke, Jumat (8/10/2021).

Dalam partai final tim floret beregu putra, Aceh menang atas Riau dengan skor akhir 45-39. Aceh diperkuat oleh Erwan Tona, Zaidil Al Muqaddim, dan Yudi Anggara Putra. Sedangkan Riau diperkuat Muhammad Fuad, Muhammad Fatah Prasetyo, Muhammad Anggi Normansyah.

Baca Juga: Sepak Bola PON Papua: Aceh Bungkam Sumatera Utara 2-1

Husaini mengatakan bahwa Aceh sejak awal menargetkan mendapatkan satu medali emas dalam cabang olahraga anggar PON XX Papua. Dia pun mengaku bahagia setelah target tersebut dapat terpenuhi.

"Kita memang dari awal itu sudah menargetkan untuk mendapatkan satu medali emas. Kemarin kita di perorangan juga di final tapi belum rezeki," ujar Husaini.

Husaini menambahkan bahwa perolehan medali emas anggar PON XX Papua itu dipersembahkan untuk masyarakat Aceh yang telah memberikan dukungan penuh untuk meraih prestasi.

"Ini emas menjadi penantian yang lama di senjata floret dan ini menjadi hadiah untuk masyarakat Aceh," tambah Husaini seperti dimuat Antara.

Baca Juga: PON Papua: Negatif COVID-19, Dua Atlet Judo Kaltim Diperbolehkan Pulang

Komentar