alexametrics

Asteroid Sebesar Piramida Giza Melintasi Bumi Akhir Bulan Ini

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Asteroid Sebesar Piramida Giza Melintasi Bumi Akhir Bulan Ini
Ilustrasi asteroid (Shutterstock).

Beberapa pekan terakhir, sejumlah batuan luar angkasa alias asteroid kerap terbang melintasi Bumi.

Suara.com - Beberapa pekan terakhir, sejumlah batuan luar angkasa alias asteroid kerap terbang melintasi Bumi. Rupanya, rangkaian 'hujan' asteroid ini masih akan terus berlanjut.

Bahkan, NASA memperkirakan bahwa akhir bulan nanti akan ada asteroid raksasa seluas 160 meter akan melintasi Planet Biru. Saking besarnya, lembaga antariksa milik pemerintah Amerika Serikat itu mengibaratkan asteroid tersebut layaknya Piramida Giza di Mesir.

Menurut laporan Dailystar yang dikutip Selasa (13/8/2019), asteroid yang diberi nama 2019 OU1 ini bakal melintasi Bumi pada 28 Agustus mendatang.

Gawatnya, batuan luar angkasa tersebut merupakan bagian dari asteroid Apollo yang melintas dekat Bumi, dan dikategorikan ke dalam kelompok asteroid yang berpotensi membahayakan Bumi.

Baca Juga: Asteroid Seukuran Lapangan Sepak Bola Hampir Tabrak Bumi

Kategori asteroid ini sendiri dibagi berdasarkan hasil klasifikasi NASA terhadap batuan angkasa yang berjarak 0.05 astronomical unit (au) atau sekitar 7,4 juta km, serta diprediksi bisa menyapu Bumi hingga magnitudo 22.

Sementara itu, Asteroid 2019 OU1 yang mendekati Bumi diperkirakan memiliki jarak 0.00685 au. Angka ini setara dengan dua setengah kali jarak dari bulan ke Bumi.

Piramid Giza. [Pixabay/Pete Linforth]
Piramid Giza. [Pixabay/Pete Linforth]

"Jika diameternya 100 meter, asteroid tersebut akan membuat kawah dengan diameter 1 kilometer dan energi ledakannya akan sama besarnya dengan lima megaton TNT," kata astrofisikawan Prof Kris Stanek.

"Jika itu mengenai suatu tempat yang tidak ada apa-apanya, tidak banyak yang akan terjadi. Tapi jika itu menghantam lautan, mungkin akan menimbulkan tsunami yang mengancam kehidupan," tutur dia.

Baca Juga: Duh! Minggu Depan Asteroid Berukuran Besar Bakal Melintasi Bumi

Komentar