alexametrics

Samsung Pamer Pengujian Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, Seberapa Tangguh?

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Samsung Pamer Pengujian Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, Seberapa Tangguh?
Diperkenalkan di Indonesia pada Rabu (11/8/2021), harga Samsung Galaxy Z Flip 3 mulai Rp 15 juta. [Samsung Indonesia]

Galaxy Z series diklaim telah menjalani uji lipat ketat untuk bertahan lebih lama dari 200.000 lipatan

Suara.com - Samsung telah mengenalkan dua HP layar lipat mereka pada kuartal ketiga 2021. Video terbaru yang diunggah perusahaan memamerkan proses pengujian pada Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

Masih belum diketahui mengapa Samsung baru mengunggah video uji ketangguhan pada Senin (11/10/2021), namun sepertinya perusahaan mencoba meyakinkan konsumen mengenai durabilitas HP layar lipat mereka.

Dikutip dari The Verge, spekulasi yang beredar mengklaim bahwa Samsung sepertinya mencoba meredakan ketakutan yang dipicu oleh laporan terbaru tentang isu retakan pada layar Galaxy Z Flip3.

Melalui video yang diunggah pada situs resmi Samsung, perusahaan menunjukkan empat tes terpisah. Beberapa pengujian yang dilakukan termasuk uji ruang lingkungan, ketahanan air, kegunaan S Pen, dan uji lipat.

Baca Juga: Microsoft Surface Duo 2 Meluncur, Ponsel Layar Lipat dengan Harga Rp 21 Jutaan

Pengujian ruang lingkungan memastikan bahwa fitur, seperti pemutaran video, dan komponen seperti kamera berfungsi dengan baik di berbagai iklim (dari kering hingga lembab, dan panas hingga dingin).

Samsung Galaxy Z Flip 3. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Flip 3. (Samsung)

Tes ketahanan air menetapkan kualitas tinggi dari HP lipat pertama yang tahan air bahkan dengan menguji di berbagai posisi lipat, termasuk mode Flex, klaim Samsung. Perusahaan turut melakukan tes menggambar menggunakan S Pen. Tes ini untuk memastikan kinerja digitizer di bawah layar yang dapat dilipat.

Samsung memastikan bahwa Galaxy Z series telah menjalani uji lipat ketat untuk bertahan lebih lama dari 200.000 lipatan (sekitar lima tahun penggunaan jika dilipat dan dibuka 100 kali sehari).

Tes Samsung yang ditunjukkan pada hari Senin (11/10/2021) tidak secara khusus membahas masalah mengenai isu layar Z Flip3 yang retak pada beberapa pengguna. Blog 9to5Google membeberkan keluhan terkait ketahanan layar Galaxy Z Flip3.

Samsung Galaxy Z Flip 3. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Flip 3. (Samsung)

"Baru-baru ini saya mengambil unit review Galaxy Z Flip3 setelah beberapa hari tidak digunakan. Saya terkejut melihat bahwa kaca ultra-tipis telah pecah. Saya tidak menjatuhkan smartphone dalam beberapa hari terakhir (hanya sekali dalam penggunaan saya, berminggu-minggu sebelumnya). Saya tidak mengeksposnya ke panas atau dingin yang ekstrem, saya bahkan tidak benar-benar menyentuhnya selama beberapa hari, jadi pecahan kaca itu benar-benar mengejutkan saya," tulis 9to5Google.

Baca Juga: Unik, Pria Ini Main Genshin Impact di Layar Sekunder Galaxy Z Flip 3

Blog teknologi tersebut menjelaskan bahwa pengalaman serta teknologi yang ditawarkan Z Flip3 memang menakjubkan.

Meski begitu, mereka turut menyoroti salah lapisan pada bagian lengkungan yang nampak terkelupas. Semoga saja itu hanya terjadi pada sedikit unit yang beredar.

HP lipat Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 dikabarkan bahkan laris manis di Korea Selatan di mana penjualannya telah tembus 1 juta unit.

Komentar