alexametrics

Sri Mulyani ke Mahasiswa: Banyak Informasi APBN yang Sepotong-potong

Reza Gunadha | Mohammad Fadil Djailani
Sri Mulyani ke Mahasiswa: Banyak Informasi APBN yang Sepotong-potong
Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dia juga berharap bahwa melalui acara ini, para mahasiswa bisa memberikan saran dan masukan yang konstruktif yang baik terhadap pemerintah.

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, acara lomba debat APBN yang melibatkan perwakilan mahasiswa dari seluruh Indonesia, adalah salah satu cara yang baik dan positif untuk lebih mengenalkan sekaligus memberikan edukasi.

Ia mengatakan, ajang itu bisa digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), serta pengelolaan kebijakan pemerintah di bidang keuangan negara.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi juri dalam acara “Debat Hebat APBN: Kolaborasi Membangun Negeri” yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (26/10/2020).

“Para peserta ini yang sudah mengikuti lomba debat ini merupakan sedikit elit dari para mahasiswa yang begitu banyak, yang kemudian akan menjadi generasi penerus untuk bisa terus memahami bahwa ternyata membuat policy itu ada banyak dimensi yang harus dipertimbangkan,” jelas Sri Mulyani.

Baca Juga: Dulu, Sri Mulyani Ngaku Tak Bisa Bedakan Mana Uang Negara dan Duit Pribadi

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, pelaksanaan dan cara sosialisasi APBN dalam bentuk yang lebih kreatif kepada masyarakat menjadi sangat penting.

Hal tersebut dikarenakan saat ini perkembangan teknologi dan informasi sudah sangat berkembang pesat.

Sri Mulyani menambahkan, informasi yang ada di masyarakat terkadang muncul hanya sepotong-sepotong dan tidak menyajikan data secara lebih holistik.

Maka dari itu kata dia, pemerintah harus lebih kreatif dalam mengembangkan inovasi dalam melakukan edukasi kepada masyarakat.

Acara Debat Hebat APBN kali ini diharapkan bisa menjadi salah satu cara kreatif pemerintah dalam memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat khususnya tentang pengelolaan keuangan negara.

Baca Juga: Utang Segunung, Sri Mulyani Sebut Mayoritas Pinjaman dari Dalam Negeri

Dirinya mengatakan bahwa acara ini merupakan ajang bagi para peserta dan mahasiswa untuk lebih memahami dan mempunyai kepedulian yang lebih tinggi terhadap APBN.

Komentar