5 Artis Indonesia Serukan Blackout Tuesday, Iko Uwais Pernah Didiskriminasi

Sumarni | Rena Pangesti
5 Artis Indonesia Serukan Blackout Tuesday, Iko Uwais Pernah Didiskriminasi
Iko Uwais [Sumarni/Suara.com]

Selain Iko Uwais, ada Anggun hingga Rossa.

Suara.com - Sejak kemarin, Selasa (2/6/2020) Instagram dibanjiri postingan foto berlatar hitam dengan hastag Blackout Tuesday. Tak terkecuali juga diunggah sederet selebriti Tanah Air.

Sebagai informasi, Blackout Tuesday merupakan bentuk dukungan selebriti terhadap kasus rasisme yang diterima George Floyd. Dia adalah lelaki berkulit hitam proAfrika-Amerika yang tewas setelah dipukuli Derek Chauvin, polisi berkulit putih di Amerika Serikat.

Kasus yang menggema di dunia ini membuat para selebriti turun ke media sosial. Menuntut keadilan, penghapusan rasisme kulit, suku, ras, agama yang masih terjadi hingga saat ini.

Dari sekian banyak selebriti, berikut lima diantaranya yang lantang menyuarakan keadilan untuk kasus rasis di dunia.

1. Anggun

Unggahan Anggun C Sasmi soal Blackout Tuesday [Instagram/@anggun_cipta]
Unggahan Anggun C Sasmi soal Blackout Tuesday [Instagram/@anggun_cipta]

Sebagai perempuan Indonesia yang berkarier di luar negeri, Anggun turut mengunggah Blackout Tuesday. Bahkan, di postingan lain, pelantun Mimpi ini mengutip puisi dari penyair sekaligus politisi Leopold Senghor.

“Saudara tercinta (berkulit) putih: saat aku lahir aku (berkulit) hitam. Saat aku tumbuh besar, terkena sinar matahari, jatuh sakit dan meninggal, aku akan tetap menjadi hitam,” demikian kutipan puisi itu.

“Dan sementara kamu: Saat kau lahir, (kulit) kau pink, saat kau tumbuh besar kamu menjadi putih,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, “Saat (kulit) terkena sinar matahari berubah menjadi merah, saat merasa kedinginan menjadi biru dan saat kau meninggal, kau akan menjadi abu-abu. Jadi, mana dari kita yang bertentangan dengan warna (kulit).”

2. Rossa

Unggahan Rossa Blackout Tuesday [Instagram/@itsrossa910]
Unggahan Rossa Blackout Tuesday [Instagram/@itsrossa910]

Penyanyi Rossa menyertakan bentuk hati hitam dalam postingannya. Ia juga meminta masyarakat berhenti melakukan aksi rasis, bukan hanya di Amerika tapi juga Indonesia.

“Di Amerika Serikat mereka berjuang untuk persamaan hak asasi manusia. Mengingatkan bahwa kita pun disini sama, jangan lagi memandang rendah orang lain berdasarkan warna kulit, suku atau strata sosial,” tulisnya.

3. Iko Uwais

Unggahan Iko Uwais soal Blackout Tuesday [Instagram/@iko.uwais]
Unggahan Iko Uwais soal Blackout Tuesday [Instagram/@iko.uwais]

Aktor Iko Uwais juga menentang rasis yang terjadi saat ini. Ia bahkan masih ingat bagaimana mendapatkan diskriminasi dari orang lain. Dipandang rendah dan berjuang demi membuktikan kesetaraan.

“Saya tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya didiskriminasi di rumah Anda sendiri. Tapi dari pengalaman, saya tau bagaimana rasanya diteror karena orang berpikir anda lemah,” tulis Iko Uwais.

Suami penyanyi Audy Item ini menambahkan, “Setelah sekian lama, kamu akhirnya berjuang untuk menjadi sama (setara). Jadi untuk siapapun yang berjuang atas ketidakadilan, saya bersama kalian.”

4. Aming

Unggahan Aming soal Blackout Tuesday [Instagram/@amingisback]
Unggahan Aming soal Blackout Tuesday [Instagram/@amingisback]

Tidak jauh berbeda dengan postingan Anggun C. Sasmi, Aming juga mengunggah puisi tentang rasis soal kulit. Ia meminta kepada semua orang menghentikan perlakuan diskriminatif terhadap perbedaan si hitam dan putih.

“Hentikan omong kosong ini. Stop berlaku rasis,” tulis Aming.

5. Al Ghazali

Unggahan Al Ghazali soal Blackout Tuesday [Instagram/@alghazali7]
Unggahan Al Ghazali soal Blackout Tuesday [Instagram/@alghazali7]

Bukan hanya selebriti senior, artis muda Al Ghazali juga turut menyuarakan anti rasis lewat postingan Blackout Tuesday.

Sebagai aktor dan artis yang berkecimpung di dunia musik, ia mengingatkan kontribusi orang-orang berkulit hitam terhadap dunia hiburan dunia.

“Ingat: (Musik) jazz, blues, rock and roll, funk, soul, R&B, disco, house and techno hadir dari orang-orang berkulit hitam,” tulis putra sulung musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS