Studi: Rutin Konsumsi Jus Tomat Tawar Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Vika Widiastuti
Studi: Rutin Konsumsi Jus Tomat Tawar Kurangi Risiko Penyakit Jantung
Ilustrasi jus tomat. (Pixabay/rawpixel)

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa konsumsi jus tomat tawar dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Suara.com - Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh para peneliti di Tokyo Medical and Dental University di Jepang menemukan bahwa tekanan darah 94 peserta yang mengonsumsi jus tomat tawar turun secara signifikan.

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa konsumsi jus tomat tawar dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol pada orang dewasa yang berisiko penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari thehealthsite, dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Science and Nutrition, para peneliti memeriksa hampir 500 penduduk yang terdiri dari 184 laki-laki dan 297 perempuan.

Hasilnya, ditemukan bahwa tekanan darah sekitar 94 peserta yang mengalami pra-hipertensi dan hipertensi yang tidak diobati turun secara signifikan.

Tekanan darah sistolik turun dari rata-rata 141,2 menjadi 137 mmHg, sementara tekanan darah diastolik turun dari rata-rata 83,3 menjadi 80,9 mmHg.

Ilustrasi mengukur tekanan darah. (Shutterstock)
Ilustrasi mengukur tekanan darah. (Shutterstock)

Selain itu, kadar kolesterol buruk LDL yang tinggi pada 125 peserta turun, yaitu dari rata-rata 155 menjadi 149,9 mg / dL.

Bukan hanya itu, menurut peneliti, efek ini dialami oleh pria dan wanita dalam kelompok umur yang berbeda.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS