alexametrics

Waspada, Flu pada Orang Lanjut Usia Berisiko Bronkitis hingga Pneumonia!

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Waspada, Flu pada Orang Lanjut Usia Berisiko Bronkitis hingga Pneumonia!
Ilustrasi orang sakit flu. (Shutterstock)

Orang lanjut usia yang menderita flu lebih berisiko komplikasi serius, salah satunya pneumonia.

Suara.com - Flu adalah penyakit musiman yang menyebabkan gejala ringan hingga berat. Biasanya penyakit ini sembuh dalam waktu sekitar 1 minggu.

Tetapi, jika flu tidak mereda selama lebih dari 1 minggu bisa jadi berisiko komplikasi serius. Apalagi jika penderita flu adalah orang dewasa usia lebih dari 65 tahun.

Melansir dari Healthline, orang lanjut usia alias lansia memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah seiring bertambahnya usia. Ketika sistem kekebalan tubuh orang lemah, maka tubuh lebih sulit melawan virus.

Padahal infeksi flu yang memburuk bisa berkembang menjadi penumonia hingga pasien harus rawat inap hingga terancam kematian.

Baca Juga: Mengupil Bisa Berakibat Penyakit Serius, Salah Satunya Pneumonia

Kematian akibat flu musiman memang biasa terjadi pada lansia usia 65 tahun atau lebih. Umumnya, komplikasi flu tidak dialami oleh penderita usia muda.

Beberapa komplikasi flu juga tidak separah sinus atau infeksi telinga. Tetapi, komplikasi flu yang lebih serius bisa mencakup bronkitis dan pneumonia yang memengaruhi paru-paru.

Ilustrasi orang dewasa flu (shutterstock)
Ilustrasi orang dewasa flu (shutterstock)

Bronkitis terjadi ketika peradangan berkembang di lapisan saluran bronkial. Ini adalah tabung yang membawa udara ke paru-paru. Gejala bronkitis dapat meliputi:

1. Batuk lendir kuning, abu-abu, atau hijau

2. Kelelahan

Baca Juga: Akibat Ulah Pengasuh Jahat, Bayi 8 Hari Kritis karena Derita Pneumonia

3. Sesak napas

Komentar