Pandemi Corona juga dapat Menyebabkan Ketidakseimbangan Hormon!

Angga Roni Priambodo | Rosiana Chozanah
Pandemi Corona juga dapat Menyebabkan Ketidakseimbangan Hormon!
Ilustrasi diam di rumah (Shutterstock)

Selama masa karantina ada berbagai kebiasaan yang dapat memengaruhi ketidakseimbangan hormon kita.

Suara.com - Hormon memainkan peran penting dalam bagaimana tubuh berfungsi, dan pandemi corona Covid-19 ini, secara tidak langsung dapat memengaruhi kesembangannya.

Ketidakseimbangan hormon dapat memengaruhi banyak hal, termasuk kelelahan, kenaikan berat badan secara tiba-tiba, gangguan tidur, hingga rambut rontok.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi keseimbangan hormon, dan bisa saja ini dilakukan selama masa karantina di rumah.

Berikut kebiasaan buruk tersebut, dilansir The Health Site:

1. Pola makan tidak sehat

Pola makan sangat berpengaruh pada hormon. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi gula, karbohidrat, dan makanan olahan, ini dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan memengaruhi produksi insulin.

Insulin merupakan salah satu hormon yang membantu tubuh memproses gula menjadi energi, dan asupan berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin. Kondisi ini dapat berakibat penyakit diabetes tipe 2.

Ilustrasi junk food. (shutterstock)
Ilustrasi junk food. (shutterstock)

2. Tekanan

Stres dan kecemasan selama pandemi adalah masalah umum. Tetapi jika tidak dijaga, stres dapat memengaruhi hormon secara negatif.

Ketika tubuh stres, jumlah hormon kotisol dan adrenalin meningkat. Ketika menumpuk di aliran darah dapat merusak sistem kekebalan dan fungsi mental.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS